HOME, Bugar

Manfaat dan Kandungan Nutrisi Cengkeh untuk Kesehatan

Manfaat dan Kandungan Nutrisi Cengkeh untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Cengkeh adalah tangkai bunga kering dari keluarga pohon Myrtaceae. Cengkeh memiliki rasa yang manis dan aromatik, serta tersedia dalam bentuk utuh, bubuk, maupun minyak esensial, dikutip dari Healthline.

Kandungan nutrisi dalam cengkeh yang bervariasi membuatnya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Cengkeh bahkan dijadikan sebagai obat tradisional yang banyak digunakan oleh orang-orang terdahulu.  

Baca Juga: Inilah 5 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kesehatan Mulut dan Gigi

Dirangkum dari Mayo Clinic, beberapa manfaat dan kandungan nutrisi cengkeh yang dapat diperoleh untuk kesehatan, antara lain:

1. Melindungi dari kanker

Cengkeh diperkaya oleh antioksidan eugenol untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa memicu perkembangan kanker.

Selain eugenol, cengkeh juga mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk membantu menetralisir radikal bebas.

Kekuatan antioksidan dalam cengkeh bahkan dilaporkan lima kali lebih efektif daripada vitamin E dan jenis antioksidan lainnya.

2. Membantu menjaga kesehatan tulang

Beberapa senyawa dalam cengkeh terbukti membantu menjaga massa tulang. Ekstrak cengkeh yang tinggi akan eugenol dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. 

Kandungan mangan dalam cengkeh juga punya peranan penting untuk kesehatan tulang. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia seputar manfaat ini.

Baca Juga: Selain Pengobatan Medis, Coba Atasi Ejakulasi Dini dengan 3 Tanaman Herbal Ini

3. Mengatasi jerawat

Manfaat dan kandungan nutrisi cengkeh lainnya adalah, minyak cengkeh dipercaya dapat mengatasi jerawat karena memiliki sifat antimikroba yang kuat.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus yang dapat menyebabkan jerawat, bisul, ruam, lepuh, dan impetigo. 

Dalam mengobati jerawat, Anda dapat mengoleskan kapas yang telah ditetesi minyak cengkeh dan madu pada area kulit yang terkena. Kemudian, bilas dengan air bersih setelah area tersebut kering.

4. Menjadi antioksidan alami untuk tubuh

Selain mengandung beberapa vitamin dan mineral penting, kaya akan antioksidan merupakan manfaat cengkeh menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Antioksidan adalah senyawa yang mengurangi stres oksidatif, yang dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis.

Cengkeh juga mengandung senyawa yang disebut eugenol, yang telah terbukti bertindak sebagai antioksidan alami. 

Selain berbagai manfaat di atas, cengkeh juga dipercaya dapat membantu menceah ejakulasi dini. Meski berukuran kecil, namun cengkeh mengandung vitamin, mineral, dan serat yang penting bagi tubuh.

Meskipun demikian, jika Anda ingin menggunakan cengkeh sebagai obat herbal, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News