HOME, Bugar

Manfaat Buah Raspberry yang Jarang DIketahui

Manfaat Buah Raspberry yang Jarang DIketahui

MOMSMONEY.ID - Frambos atau raspberry merupakan salah satu jenis buah beri yang memiliki beragam varietas. Buah frambos ada yang berwarna hitam, ungu, kuning, dan merah. Namun, buah frambos merah (Rubus idaeus) adalah jenis frambos yang paling populer dan banyak dikonsumsi. 

Buah frambos juga mengandung folat, vitamin B, fosfor, zat besi, mangan, lutein, dan selenium. Frambos juga kaya akan aneka antioksidan, seperti polifenol, antosianin, quercetin, dan asam fenolat, yang baik bagi kesehatan tubuh, dikutip dari Healthline.

Dengan adanya kandungan ini di dalam frambos dapat menunjukkan bahwa buah berry ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Tak hanya untuk kesehatan saja, Anda juga bisa mendapatkan banyak manfaat dari frambos untuk kecantikan lho.

Dari berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, tak heran jika frambos memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut manfaat frambos untuk kesehatan yang mungkin bisa Anda dapatkan sebagai berikut.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Diare Agar Tidak Makin Parah

1. Mendorong kesehatan pencernaan

Kandungan serat dan air dalam frambos dapat membantu mencegah sembelit, menurunkan berat badan, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Tak hanya itu, serat juga dapat meningkatkan pergerakan usus yang sangat penting untuk pembuangan racun setiap harinya.

2. Mencegah penyakit kardiovaskular

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa makanan kaya flavonoid, seperti raspberry, menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular. Flavonoid yang terkandung pada raspberry, khususnya anthocyanin, juga terbukti dapat menekan inflamasi yang bisa memicu penyakit kardiovaskular.

3. Menurunkan berat badan

Karena rendah kalori dan tinggi serat serta nutrisi, frambos menjadi salah satu buah yang cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan. 

Karena kaya serat dan protein, buah ini bisa membuatmu kenyang lebih lama, sehingga kamu terbantu dalam mengontrol nafsu makan. Dengan begitu, kamu tidak akan makan atau ngemil berlebihan.

4. Mengontrol kadar gula darah

Mengonsumsi frambos bisa membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Buah ini memiliki kadar indeks glikemik yang rendah sehingga tidak akan menaikkan gula darah secara drastis ketika kamu mengonsumsinya. Dengan gula darah yang terkontrol, kamu akan terhindar dari resistensi insulin dan diabetes.

5. Melindungi mata

Frambos mengandung antioksidan zeaxanthin yang dapat menyaring sinar blue light yang berbahaya untuk mata. Selain itu, antioksidan tersebut juga memainkan peran dalam melindungi mata dari masalah seperti degenerasi makula terkait usia yang bisa menyebabkan masalah penglihatan pada orang tua.

Baca Juga: Penelitian: Buah Ceri Efektif Membantu Mencegah Dan Menurunkan Asam Urat Tinggi   

Oleh karena itu, jika kamu memiliki riwayat alergi makanan, terutama terhadap buah beri, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk memastikan apakah frambosal aman untuk kamu konsumsi.

Selanjutnya: Rekomendasi Makanan Sehat yang Bisa Dikonsumsi saat Radang Tenggorokan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News