5 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Diare Agar Tidak Makin Parah

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 09 September 2021 | 08:46 WIB
5 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Diare Agar Tidak Makin Parah

ILUSTRASI. 5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diare (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)

MOMSMONEY.ID -  Diare adalah gangguan pencernaan yang dilatarbelakangi oleh banyak penyebab, mulai dari infeksi pada organ cerna akibat keracunan makanan atau penyakit kronis yang lebih dulu dimiliki. Saat diare menyerang, Anda akan merasakan mulas, diikuti dorongan kuat untuk buang air besar (BAB) lebih sering dari biasanya.

Memang, ada banyak cara mudah untuk mengobati diare di rumah. Namun, tak hanya menggunakan obat diare generik yang dibeli di apotek atau obat yang alami, Anda juga perlu menghindari makan makanan tertentu. Pantangan makanan ini dilakukan agar usus Anda dapat pulih dengan cepat dari infeksi.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Ampuh Meredakan Sakit Muntaber

1. Pemanis buatan

Salah satu pantangan makanan diare adalah makanan dengan pemanis buatan. Sorbitol, manitol, dan xylitol merupakan beberapa contoh jenis pemanis buatan yang umumnya terdapat pada permen. 

Bahan makanan pengganti gula ini akan diserap lebih lambat oleh sistem pencernaan tubuh dibandingkan gula biasa. Ketika sampai ke usus besar tanpa dicerna, bakteri usus akan memakan pemanis buatan ini dan memproduksi gas serta menyebabkan diare.

2. Buah dengan tingkat keasaman tinggi

Buah-buahan seperti jeruk, lemon, nanas, ceri, kismis, dan anggur masuk dalam daftar makanan yang dihindari saat diare. Selain kandungan asamnya, buah-buahan ini juga banyak mengandung fruktosa. Sering terjadi malabsorpsi fruktosa yang mengakibatkan tinja menjadi lunak. Jadi, konsumsi makanan dengan kandungan ini dapat memperparah diare Anda.

3. Makanan berserat

Selain buah-buahan tertentu, sayuran berserat juga merupakan makanan yang dilarang pada saat diare. Sayuran tersebut dapat menyebabkan kembung karena mengandung gas. Brokoli, kembang kol, dan kubis adalah beberapa jenis sayuran yang mengandung serat tak larut yang dapat memperburuk kondisi diare. Selama diare, sayuran yang aman dikonsumsi, di antaranya wortel, kacang hijau, jamur, dan asparagus.

4. Alkohol, kopi, dan minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi, kopi, dan alkohol bisa berisiko menyebabkan iritasi pada organ pencernaan. Minuman-minuman tersebut memang cenderung tidak memicu diare pada orang sehat. Namun, jika Anda sudah mengalami masalah pencernaan ini, menghindari minuman di atas sangat dianjurkan.

5. Makanan mentah

Menurut Mayo Clinic, makanan yang mentah atau tidak dimasak hingga matang merupakan salah satu pantangan untuk orang yang sedang diare. Hal ini dikarenakan makanan mentah kemungkinan masih mengandung bakteri tertentu di permukaannya. Jika makanan mentah tersebut masuk ke dalam tubuh, diare bisa menjadi semakin parah.

 Baca Juga: 5 Penyakit yang Sering Terjadi pada Musim Hujan

Itulah beberapa pantangan makanan saat diare menyerang. Selalu ingat untuk minum air putih yang banyak untuk mencegah dehidrasi. Apabila diare disertai dengan muntah, demam, nyeri perut hebat, atau tanda-tanda dehidrasi lain, segera periksakan diri Anda ke dokter. 

Selanjutnya: Luar Biasa! Buah Ara Memiliki Segudang Manfaat untuk Tubuh

Editor: Helvana Yulian
Terbaru