Manakah yang Lebih Baik, Susu Skim, Susu Low Fat, atau Susu Biasa?

Reporter: Raissa Yulianti
Selasa, 23 November 2021 | 15:50 WIB
Manakah yang Lebih Baik, Susu Skim, Susu Low Fat, atau Susu Biasa?

ILUSTRASI. Secara visual, tak ada perbedaan jelas mana susu skim dan mana susu low fat (dok/Tribunnews)


MOMSMONEY.ID - Ada banyak jenis-jenis susu yang beredar di dunia ini, di antaranya ada susu skim dan susu low fat. Namun tahukah anda apa perbedaan keduanya?

Banyak yang mengira bahwa susu skim dan susu low fat merupakan 1 jenis susu yang sama. Tapi ternyata keduanya berbeda.

Mau tahu apa perbedaan keduanya? Merangkum dari Live Strong, Healthline, dan My Food Book, simak terus artikel ini!

Baca Juga: Anak Kurang Suka Sayur? Saatnya Moms Masak Stick Wortel Krispi, Simak Resepnya!

Ditinjau dari lemaknya pada susu berukuran 1 cup (237 ml), maka susu skim dan susu low fat memiliki kandungan lemak yang cukup rendah. Apabila susu biasa memiliki kandungan lemak sebesar 3.25%, maka susu low fat sebesar 1% dan susu skim sebesar 0.5%.

Bagaimana cara pembuatannya? Ternyata kedua jenis susu dimasak dengan cara memisahkan krim dari whey-nya. Itulah mengapa kedua jenis susu memiliki kandungan lemak yang sangat rendah.

Susu

Kandungan nutrisi susu low fat pun sama baiknya dengan kandungan pada susu full cream. Susu low fat dan susu skim pun memiliki kandungan kalsium yang lebih banyak daripada susu biasa. Tapi untuk kalsium, susu skim memiliki kalsium tertinggi di antara yang lainnya

Baca Juga: Moms, Intip 4 Tips Pilih Daging Sapi yang Segar Agar Tak Salah Membeli, Yuk!

Dalam 1 cup susu skim (237 ml), terdapat kandungan kalsium sebesar 306 mg, sementara susu low fat memiliki 290 mg kalsium dan 276 mg kalsium untuk susu biasa.

Sementara kandungan omega-3s dalam susu low fat nyatanya lebih tinggi daripada susu skim. Susu low fat mengandung 9.8 mg Omega-3s, sedangka susu skim hanya 2.5 mg saja.

Namun jelas, kandungan Omega-3s pada kedua jenis susu ini sangatlah rendah apabila dibandingkan dengan susu biasa yang mengandung 183 mg Omega-3s di dalamnya.

Baca Juga: Kulit Ikan Lengket? Simak 4 Cara Agar Ikan Tidak Lengket Saat Dipanggang

Mana yang Lebih Baik?

Lalu, di antara susu skim dan susu low fat, manakah yang lebih baik?

Menurut MomsMoney, Anda harus meninjau apa kebutuhan Anda terlebih dahulu sebelum memilihnya. Apabila Anda butuh susu untuk diet, maka susu low fat, terutama susu skim adalah yang terbaik karena mengandung lemak yang sedikit.

Namun apabila Anda butuh nutrisi yang kaya dalam segelas susu, maka pilihannya jatuh kepada susu biasa ataupun susu full cream karena susu ini memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang tidak berkurang, dibandingkan dengan susu skim dan susu low fat.

Selanjutnya: 3 Tips Memasak Sayuran Tanpa Menghilangkan Nutrisinya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti

Terbaru
TERPOPULER