HOME, Bugar

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Oleh Penderita Kanker Prostat

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Oleh Penderita Kanker Prostat

MOMSMONEY.ID - Kanker prostat adalah tumor ganas yang tumbuh di kelenjar prostat dan umumnya ditandai dengan gangguan buang air kecil. Agar gejalanya tidak kambuh, Anda wajib mengetahui pantangan makanan penderita prostat.

Prostat adalah kelenjar kecil berbentuk seperti biji kenari pada pria dan menghasilkan cairan mani yang memberi nutrisi dan mengangkut sperma.

Jika Anda terkena kanker prostat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti mengonsumsi makanan. Sebab, jenis makanan tertentu bisa memperparah kondisi kanker.

Baca Juga: Kanker prostat perlu diwaspadai pria, ini gejala, penyebab, dan komplikasinya

Agar penyakit kanker prostat tidak menjadi semakin parah, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya harus dihindari, berikut ini.

1. Daging

Pantangan makanan penderita prostat adalah daging yang dimasak terlalu matang. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan keterkaitan antara konsumsi daging maupun olahan dengan peningkatan risiko kanker prostat.

Sebagai gantinya, Anda bisa mencari sumber protein lainnya, seperti kalkun, salmon, daging ayam filet, atau tuna.

2. Telur

Pantangan makanan penderita prostat selanjutnya adalah mengonsumsi telur secara berlebihan.

Sebuah penelitian Cancer Prevention Research menemukan bahwa, pria yang mengonsumsi 2 setengah telur atau lebih per minggu memiliki 81% peningkatan risiko kanker prostat yang mematikan dibandingkan dengan pria yang mengonsumsi kurang dari setengah telur per minggu.

3. Susu

Pantangan makanan penderita prostat selanjutnya adalah mengonsumsi produk susu olahan secara berlebihan.

Sebuah penelitian The Journal of Nutrition menemukan bahwa, meminum susu murni bisa memperparah sakit prostat. Begitu pula susu skim dan susu rendah lemak.

Agar terhindar dari risiko yang ada, disarankan untuk membatasi konsumsi produk olahan susu seperti keju, yogurt, mentega, serta es krim.

Baca Juga: Jangan Berlebihan! Ini 5 Akibat Buruk Kelebihan Vitamin E

4. Makanan mengandung gula

Makanan mengandung gula juga menjadi salah satu pantangan makanan penderita prostat. Hal ini karena makanan yang mengandung gula tambahan seperti permen, kue tart, dan sebagainya dapat memperparah peradangan yang sudah terjadi pada kelenjar prostat.

5. Bir

Jenis makanan atau minuman lainnya yang benar-benar harus dihindari bagi pengidap kanker prostat adalah bir. Jika selama ini bir menjadi minuman favorit kamu, kamu harus berusaha untuk mengurangi atau bahkan berhenti meminumnya. 

Karena kandungan ragi di dalam bir memiliki efek berbahaya bagi kelenjar prostat.

Perlu diingat, mengonsumsi jenis makanan atau minuman apa pun secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, mulailah mengonsumsi makanan dengan porsi yang wajar supaya Anda terhindar dari risiko yang bisa ditimbulkan.

Selanjutnya: Waspada, Virus Corona Sebabkan Gangguan Pendengaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News