Bugar

Luar Biasa! Inilah Sederet Manfaat Buah Gandaria untuk Kesehatan Tubuh

Luar Biasa! Inilah Sederet Manfaat Buah Gandaria untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Buah gandaria dikenal sebagai salah satu buah eksotis khas dari Maluku, terutama di sekitar pesisir dan perbukitan di Pulau Ambon dan Saparua.

Di Inggris misalnya, buah ini juga dikenal dengan nama mangga plum (plum mango). Buah gandaria adalah tanaman yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. 

Kandungannya mulai dari air, protein, serat, kalsium, fosfor, zat besi, dan riboflavin. Kandungan vitamin A dan C dari gandaria menduduki urutan kedua terbanyak setelah mangga.

Memasukkan gandaria ke dalam daftar menu sehat sehari-hari Anda adalah keputusan yang tepat jika ingin tubuh Anda senantiasa sehat.

Baca Juga: Hati-Hati, 5 Penyakit Ini Sering Salah Diagnosis! Simak Penjelasannya di Sini!

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah manfaat buah gandaria yang perlu diketahui, antara lain: 

Meminimalisir risiko penyakit jantung 

Manfaat buah gandaria yang pertama adalah meminimalisir risiko penyakit jantung. Manfaat gandaria yang satu ini juga masih dihasilkan oleh vitamin C yang terkandung di dalamnya.

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa orang yang rutin mengonsumsi vitamin C memiliki risiko penyakit jantung 25 persen lebih kecil ketimbang yang jarang mengonsumsi vitamin ini. 

Meminimalisir peradangan kronis

Manfaat buah gandaria yang kedua adalah meminimalisir peradangan kronis. Normalnya, sistem imun akan memproduksi radikal bebas saat melawan kuman yang mengakibatkan peradangan.

Namun ketika tubuh sudah mengalami stres oksidatif, kadar radikal bebas di dalam tubuh akan berlebihan sehingga mengakibatkan peradangan kronis.

Peradangan kronis yang diakibatkan oleh stres dapat memunculkan berbagai penyakit, seperti diabetes, jantung (termasuk tekanan darah tinggi, aterosklerosis, dan stroke), dan arthritis. 

Merawat kesehatan kulit 

Mengonsumsi buah gandaria secara rutin bisa membuat kulit tubuh akan terbebas dari penuaan dini yang ditandai oleh flek hitam, keriput atau kerutan pada wajah, dan kulit kering.

Menurut penelitian yang dirilis oleh American Journal of Clinical Nutrition, mereka yang mengonsumsi vitamin C memiliki kualitas kulit yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak.

Baca Juga: Banyak Tahi Lalat Baru Bermunculan? Kenali Sederet Penyebabnya!

Menjaga berat badan

Salah satu kandungan gandaria yang cukup tinggi lainnya adalah serat. Kandungan serat di dalamnya menjadikan buah ini cocok untuk diet.

Serat dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga frekuensi makan dapat terjaga untuk mengendalikan berat badan. 

Mencegah penyakit neurogeneratif

Manfaat buah gandaria yang terakhir adalah mencegah penyakit neurogeneratif seperti penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson juga bisa terjadi karena kondisi stres oksidatif pada otak.

Otak sendiri memang merupakan bagian paling rentan mengalami stres oksidatif karena bagian ini cukup banyak membutuhkan oksigen, yakni hingga 20 persen dari total kebutuhan tubuh.

Meski daging buah gandaria tidak semanis mangga, namun gandaria lebih banyak dikonsumsi dalam keadaan segar. Beberapa orang juga menjadikannya sebagai sirup atau manisan.

Selain itu, gandaria juga bisa dijadikan campuran pada sambal agar menghadirkan sensasi asam yang segar, apalagi bila dicampur dengan daun mudanya yang berwarna ungu tua. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News