HOME, Bugar

Luar Biasa! Inilah Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan

Luar Biasa! Inilah Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Ikan gabus atau ikan kutuk merupakan ikan tawar yang sering dijadikan sebagai lauk yang lezat di Indonesia. 

Spesies ikan dengan nama latin Channa striata ini memiliki bentuk kepala yang mirip ular, tubuh memanjang, serta warna sisik yang gelap. 

Meski bentuknya menyeramkan, tapi siapa sangka kalau ikan gabus disebut-sebut sebagai salah satu makanan sehat yang perlu dikonsumsi. 

Menurut beberapa studi, ikan gabus memiliki jenis kandungan gizi yang lebih tinggi dibanding jenis ikan konsumsi lainnya. Ikan gabus memiliki kandungan protein sekitar 25,5 persen.  

Baca Juga: Inilah Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Dirangkum dari Web MD dan Medical News Today, berikut ini beberapa kandungan nutrisi dan manfaat ikan gabus untuk kesehatan yang dapat Anda peroleh, antara lain:

1. Mengurangi gejala penyakit kulit

Kandungan nutrisi dan manfaat ikan gabus untuk kesehatan yang pertama adalah mengurangi gejala penyakit kulit. 

Salah satu manfaat mengonsumsi ikan gabus adalah membantu meringankan masalah kulit seperti jerawat, alergi, psoriasis, sklerosis, hingga infeksi. 

Ikan gabus juga dapat membantu pemeliharaan kulit yang lebih optimal. Sebab, kandungan asam Asam docosahexaenoic (DHA) merupakan asam lemak yang bermanfaat bagi kulit. 

Menariknya lagi, DHA dan eicosapentaenoic acid (EPA) dari minyak ikan gabus dikabarkan dapat membantu memodulasi metabolisme prostaglandin, dan mengurangi gejala gangguan kulit.  

2. Bersifat antimikroba dan antijamur

Kandungan nutrisi dan manfaat ikan gabus untuk kesehatan yang kedua adalah bersifat antimikroba dan antijamur. 

Berdasarkan data yang diperoleh dari SF Journal of Biotechnology and Biomedical Engineering, ekstrak ikan gabus telah terbukti memiliki sifat antimikroba dan antijamur. 

Ekstrak ikan gabus diketahui dapat menghambat 13 jenis jamur berfilamen dan tiga spesies non filamen, secara parsial.  

3. Perawatan osteoarthritis

Kandungan nutrisi dan manfaat ikan gabus untuk kesehatan yang ketiga adalah bisa digunakan untuk perawatan osteoarthritis. 

Siapa sangka kalau ikan gabus atau gabus dapat membantu pengobatan osteoarthritis, bahkan mulai digunakan di seluruh dunia untuk hal tersebut. 

Hal ini lantaran ekstrak ikan gabus terbukti dapat meningkatkan kepadatan serabut saraf imunoreaktif PGP 9,5 pada membran sinovial. 

Baca Juga: Selain Menyegarkan, Inilah Sederet Manfaat Semangka untuk Kesehatan

4. Membantu proses agregasi trombosit

Kandungan nutrisi dan manfaat ikan gabus untuk kesehatan yang keempat adalah membantu proses agregasi trombosit. 

Daging ikan gabus diketahui memiliki efek yang dapat memperlancar proses agregasi trombosit pada tubuh. Agregasi trombosit sendiri adalah kemampuan darah untuk membeku atau menggumpal secara normal atau alami. 

Perlu diketahui bahwa pembekuan darah yang terkendali penting untuk mengatasi komplikasi diabetes dan dengue hemoragik dalam menghentikan perfusi darah yang dapat berakibat fatal. 

5. Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan nutrisi dan manfaat ikan gabus untuk kesehatan yang kelima adalah mempercepat penyembuhan luka. 

Ikan gabus mengandung kadar albumin tinggi yang berperan penting dalam proses penyembuhan luka pada tubuh. 

Sebuah penelitian pada 2018 silam menunjukkan bahwa pengaplikasian semprotan ekstrak ikan gabus pada luka bersih, telah menunjukkan hasil perbaikan yang lebih baik secara signifikan. 

Hal tersebut terlihat setelah para partisipan penelitian menggunakan ekstrak tersebut pada minggu kedua, keempat, hingga minggu keenam penelitian. 

Mengonsumsi ikan gabus secara rutin sebagai lauk tentu sangat dianjurkan. Tujuannya, agar kebutuhan protein dan nutrisi penting lainnya dapat terpenuhi, sehingga kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News