Bugar

Luar Biasa! Ini Fakta Tentang Opor Ayam dan Kandungan Gizinya

Luar Biasa! Ini Fakta Tentang Opor Ayam dan Kandungan Gizinya

MOMSMONEY.ID - Opor ayam adalah salah satu makanan khas yang ada di momen penting dalam tradisi masyarakat Indonesia.

Rasa gurih dari daging ayam berpadu dengan santan memang lezat dinikmati bersama dengan potongan ketupat atau nasi. 

Saking dinanti-nanti, hidangan seperti opor ayam yang kerap hanya ada di momen -momen tertentu sering kali membuat kita lupa diri saat menyantapnya.

Padahal, terlalu banyak makan opor ayam bisa memicu kolesterol tinggi hingga risiko kesehatan lainnya. 

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Melati untuk Kesehatan Tubuh. Bisa Menurunkan Berat Badan Loh!

Dilansir dari database makanan dan penghitung kalori, Fat Secret, berikut rincian gizi yang terkandung dalam 100 gram opor ayam: 

- 163 kalori 

- 8,67 gram lemak 

- 5,6 gram karbohidrat 

- 16,53 gram protein 

Dilansir dari laman. Kementerian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, opor ayam kaya gizi dan nutrisi, seperti kalsium, zat besi, fosfor, vitamin, hingga selenium. 

Dengan kandungan sebanyak itu, maka tak heran kalau opor ayam menyimpan sejumlah fakta kesehatan. Berikut fakta tentang opor ayam dan kandungan gizinya, antara lain: 

Mencegah terjadinya anemia

Orang-orang yang menderita anemia atau kekurangan sel darah merah biasanya mudah lelah dan tidak dapat beraktivitas secara maksimal.

Sebagai tindakan pencegahan, penderita anemia dianjurkan untuk mengonsumsi sejumlah makanan, salah satunya daging-dagingan. 

Dalam hal ini, opor ayam dianggap memenuhi kriteria karena dibuat dari daging ayam. 

Menambah imunitas dan daya tahan tubuh

Dalam porsi konsumsi yang normal, kandungan zat besi dalam opor ayam dapat menunjang performa sistem kekebalan tubuh.

Daya tahan tubuh yang prima tentunya akan melindungi tubuh dari serangan virus maupun bakteri yang menyebabkan penyakit.

Selain enak rasanya, ternyata opor ayam juga bisa menambah imunitas dalam tubuh jika dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Buah Anggur, Bisa Menjaga Kesehatan Mata Loh!

Melancarkan pencernaan

Bahan bumbu dari opor ayam adalah daun salam. Kandungan dalam daun salam tidak hanya memberikan sentuhan rasa yang lezat pada makanan. 

Tetapi kandungan daun dalam ini juga baik untuk kesehatan seperti meredakan nyeri maag, mengurangi kadar gula, dan melawan bakteri serta jamur. 

Meredakan sariawan

Bahan bumbu lainnya adalah gizi pada kemiri dapat mengobati sakit gigi, membantu meredakan sariawan, mengatasi infeksi jamur pada kulit dan mengurangi sembelit.

Secara terperinci, bahan-bahan yang melengkapi opor ayam memiliki khasiat nyata untuk kesehatan. Berikut fakta tentang opor ayam dan kandungan gizinya. 

Walaupun memiliki segudang manfaat, sejatinya mengonsumsi opor ayam berlebihan juga tidak baik dan sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi secara berlebihan.

Apalagi kalau minyak dan jenis ayam yang digunakan tidak sesuai dengan yang direkomendasikan untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News