Bugar

5 Manfaat Mengonsumsi Buah Anggur, Bisa Menjaga Kesehatan Mata Loh!

5 Manfaat Mengonsumsi Buah Anggur, Bisa Menjaga Kesehatan Mata Loh!

MOMSMONEY.ID - Anggur memiliki berbagai warna, ada yang merah keunguan, hijau, dan hitam. Rasanya yang sedikit asam dan manis memberikan sensasi segar saat mengonsumsinya. Tidak hanya segar, anggur juga memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. 

Anggur termasuk buah yang bisa Anda makan dengan berbagai cara. Mulai dari menyantapnya secara langsung, dibuat jus, sampai diolah menjadi kismis.

Selain bisa Anda olah menjadi berbagai macam makanan, anggur juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. 

Baca Juga: Waspada Perut Buncit! Bisa Jadi Ada Kista dalam Perut

Seperti melansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa manfaat buah anggur untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain:

Menjaga kesehatan mata

Buah ini mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid dengan sifat antioksidan yang penting bagi kesehatan mata, dikutip dari Healthline. 

Mengutip dari American Optometric Association, lutein dan zeaxanthin dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata kronis seperti katarak dan degenerasi makula pada lansia. 

Mengatasi berbagai masalah kulit

Selain rasanya yang segar dan enak manfaat anggur sangat banyak sekali. Senyawa resveratrol pada anggur dapat memperlambat proses penuaan dan mengatasi berbagai masalah kulit. 

Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat meningkatkan produksi kolagen, menjaga kekenyalan wajah, dan mencegah keriput. 

Mencegah kanker

National Library of Medicine menerbitkan artikel yang menjelaskan bahwa kandungan resveratrol dalam anggur dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. 

Resveratrol adalah salah satu jenis antioksidan yang bisa memperlambat pertumbuhan sel tumor dan kanker.  

Baca Juga: Ingin Konsumsi Obat Penurun Berat Badan? Jangan Asal, Ini Tip Memilih Obat yang Tepat

Menurunkan kadar kolesterol

Anggur berwarna merah memiliki manfaat sebagai cara alami menurunkan kadar kolesterol dan trigliseridatinggi.

Mengutip dari jurnal Food & Function, kadar kolesterol jahat (LDL) menurun setelah rutin mengonsumsi buah anggur setiap hari.  

Keberhasilan tersebut berkat kandungan resveratrol dan saponin. Kedua zat tersebut bisa menangkap kelebihan kolesterol dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah.

Mengoptimalkan kinerja ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi menetralisir racun dan zat-zat berbahaya dalam tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk keringat atau kotoran. 

Ekstrak anggur dapat membantu proses sekresi tubuh dengan cara mengeluarkan asam berlebihan, sehingga meringankan beban kerja ginjal dan menjaganya tetap sehat. 

Moms, mulai sekarang masukkan anggur sebagai menu sehat setiap hari untuk dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News