Bugar

Lelah Bekerja? Ini 5 Cara Meredakan Stres secara Efektif

Lelah Bekerja? Ini 5 Cara Meredakan Stres secara Efektif

MOMSMONEY.ID - Stres merupakan gangguan mental yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan bahkan bisa sampai merambah ke sakit fisik.

Beberapa cara mengatasi stres, antara lain mencium aroma lavender, berolahraga, pergi ke luar, perbanyak senyum, dan mendengarkan lagu.

Banyak orang mungkin sudah mengetahui cara mengelola stres dengan baik. Namun, sebagian lainnya mungkin masih kesulitan dan mencari cara yang efektif dan cepat. 

Baca Juga: Penderita Hipertensi Wajib Menghindari 5 Makanan Ini

Nah, dilansir dari Health Focus, berikut ini ada beberapa cara meredakan stres dengan efektif yang bisa Anda coba, antara lain: 

Mendengarkan musik

Menurut ahli di Australian Government Department of Health, musik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental. Musik dapat membantu mengelola emosi dan mengatasi atau meredakan stres.

Menuliskan hal-hal yang membuat Anda stres

Menuliskan isi pikiran Anda dapat menjadi sarana mengekspresikan emosi yang baik sebagai cara mengatasi stres. Yang paling penting adalah Anda jujur dengan perasaan sendiri.

Setelah ditulis, Anda dapat mulai membuat rencana untuk menyelesaikannya. Tulislah hal-hal tersebut dalam catatan, handphone, laptop, atau media apa pun.

Jalan-jalan

Olahraga atau jalan kaki adalah cara yang bagus untuk mengatasi stres. Pertama, ini memungkinkan Anda untuk keluar dari situasi yang rumit sejenak.

Kedua, olahraga membantu tubuh melepaskan endorfin, neurotransmitter yang membuat Anda lebih relaks. Saat merasa penat, coba jalan-jalan sebentar keluar rumah atau di sekitar kantor Anda. 

Baca Juga: Bisa Dicoba! Ini Cara Alami Meningkatkan Stamina Seksualitas Pria

Perbanyak senyum

Saat seseorang memberikan Anda saran dan kritik, hindari memberikan mereka tatapan tidak senang.

Berikanlah senyuman di wajah Anda sebagai cara mengatasi stres, terutama senyuman tulus yang dibentuk oleh otot-otot di sekitar mata dan mulut Anda.

Senyuman dapat mengurangi respons stres, bahkan saat Anda tidak merasa senang sekalipun. Senyuman juga membantu menurunkan detak jantung ketika situasi yang membuat Anda stres berakhir.

Berolahraga

Ketika berkeringat, suasana hati akan membaik, pikiran akan lebih jelas, dan Anda dapat beristirahat dari apa pun yang menyebabkan stres.

Baik ketika Anda berolahraga dengan berjalan kaki maupun menjalani latihan intens di pusat kebugaran, Anda akan merasa lebih baik setelahnya.

Bila stres masih terus melanda meski Anda telah mencoba hal-hal di atas, saatnya berkonsultasi pada psikolog atau terapis. Permasalahan yang Anda hadapi mungkin butuh bantuan dari profesional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News