Bugar

Penderita Hipertensi Wajib Menghindari 5 Makanan Ini

Penderita Hipertensi Wajib Menghindari 5 Makanan Ini

MOMSMONEY.ID - Mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi memang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit serius.

Namun, hal itu bukan akhir dari segalanya, karena hipertensi bisa dikelola dengan baik, agar tidak menimbulkan komplikasi, dikutip Healthline.

Salah satu penyebab hipertensi adalah salah asupan makanan yang Anda konsumsi setiap hari dengan porsi yang tidak tepat dan berlebihan.

Oleh karena itu, saat Anda terdiagnosis memiliki hipertensi, penting memulai menerapkan pola makan yang menghindari berbagai makanan yang menyebabkan hipertensi. 

Baca Juga: Waspadai Penyebab dan Gejala Penyakit Angin Duduk

Selain itu, seperti yang dilansir dari Mayo Clinic, berikut daftar makanan yang harus dihindari, antara lain: 

Acar

Makanan yang harus dihindari oleh penderita hipertensi yang pertama adalah acar. Karena terdiri dari potongan sayuran, Anda mungkin mengira bahwa acar menyehatkan.

Namun, acar biasanya diberi tambahan garam, sehingga tidak baik bagi pengidap hipertensi. Garam pada acar dapat mengendap dalam mentimun, bagaikan spons yang menyerap air.  

Daging merah dan kulit ayam

Meski bukan olahan, daging merah (sapi, babi, dan domba) dan kulit ayam juga merupakan makanan pantangan yang perlu dihindari oleh penderita hipertensi.

Pasalnya, kedua jenis makanan ini mengandung lemak jenuh yang tinggi, yang bisa menjadi penyebab darah tinggi.

Oleh karena itu, Anda bisa memilih daging kambing sebagai pengganti daging merah lainnya. Meski demikian, Anda pun tetap tidak boleh berlebihan mengonsumsi jenis daging merah ini. 

Baca Juga: Cari Tahu Yuk! Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jagung untuk Kesehatan

Makanan cepat saji

Makanan yang harus dihindari oleh penderita hipertensi yang selanjutnya adalah makanan cepat saji. Kadar garam dalam makanan cepat saji (fast food) bisa sangat tinggi.

Hal ini terjadi karena garam menjadi syarat penting untuk menambah rasa nikmat. Makanan cepat saji juga mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang meningkatkan kadar kolesterol darah.   

Makanan atau minuman dengan pemanis buatan

Asupan gula berlebih, terutama yang diperoleh dari pemanis buatan dalam makanan olahan, dihubungkan dengan peningkatan kenaikan berat badan dan obesitas.

Adapun orang dengan obesitas ini dapat dengan mudah mengalami hipertensi. Selain itu, terlalu banyak gula juga dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin dalam jangka panjang.

Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai penyakit, terutama diabetes. Sementara diabetes dan hipertensimemiliki hubungan, salah satunya adalah diabetes bisa menyebabkan hipertensi.

Selain menghindari makanan-makanan tersebut, penting juga untuk menerapkan pola hidup sehat lain, seperti rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik, dan istirahat yang cukup. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News