Keluarga

Lebih Cepat Lebih Baik, Ini 6 Cara Melatih Anak untuk Tidur Sendiri

Lebih Cepat Lebih Baik, Ini 6 Cara Melatih Anak untuk Tidur Sendiri

MOMSMONEY.ID - Ini 6 cara melatih anak tidur sendiri yang patut orang tua tahu.

Bukan hal aneh saat melihat anak-anak yang masih kecil takut untuk tidur sendirian. Kecemasan, fantasi tentang monster, dan gangguan kerap membuat anak menginginkan teman tidur.

Kendati wajar, namun orang tua sangat disarankan untuk membiasakan anak tidur sendiri sedini mungkin guna mendorong kemandirian.

Melansir laman Parents, ada beberapa cara melatih anak tidur sendiri yang dapat orang tua ikuti. Apa saja? Berikut penjelasannya:

Baca Juga: Ini 6 Tips Memilih Snack yang Sehat untuk Anak Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia

1. Singkirkan gangguan

Cara pertama untuk melatih anak tidur sendiri yaitu menyingkirkan gangguan. Singkirkan televisi, komputer, dan perangkat elektronik lainnya dari kamar anak guna menciptakan lingkungan yang kondusif untuk tidur.

Menurut seorang penasihat orang tua bernama Judith Owens, M.D., cahaya yang dipancarkan layar televisi dan komputer akan membuat anak lebih sulit untuk tertidur.

Jadi, pastikan cahaya di kamar tidur anak redup. Anda bisa mempertimbangkan untuk memasang lampu tidur jika memang dibutuhkan.

2. Ciptakan rutinitas sebelum tidur

Cara kedua untuk melatih anak tidur sendiri yaitu menciptakan rutinitas sebelum tidur. Rutinitas seperti mandi air hangat, memakai piyama, menggosok gigi, dan membaca dongeng sebelum tidur mampu membuat anak merasa lebih aman untuk tidur.

Rutinitas sebelum tidur akan menciptakan prediktabilitas untuk membuat anak siap tidur secara psikologis sekaligus mengurangi kecemasan mereka.

Rutinitas juga akan menurunkan tingkat stres dan menciptakan serangkaian langkah yang diketahui oleh anak sebagai proses menuju waktu tidur.

3. Minimalkan kehadiran Anda

Cara ketiga untuk melatih anak tidur sendiri yaitu meminimalkan kehadiran Anda. Pelan-pelan, berhentilah tidur di kamar si kecil.

Awali dengan beralih dari ranjang anak ke tempat duduk dekat pintu selama beberapa hari. Saat anak sudah mulai terbiasa, keluarkan diri Anda sepenuhnya dari kamar tidur mereka.

Biasanya, akan ada peningkatan besar saat upaya ini memasuki hari ke-10.

Baca Juga: Cegah Cyberbullying, Ini 6 Tips Bermain Internet yang Aman bagi Anak

4. Ciptakan rasa aman

Cara keempat untuk melatih anak tidur sendiri yaitu menciptakan rasa aman. Ketidakhadiran Anda atau bayangan tentang monster yang bersembunyi di bawah tempat tidur dapat membuat anak terjaga sepanjang malam.

Untuk membantu menenangkan ketakutan anak, letakkanlah benda-benda yang menenangkan seperti boneka binatang, selimut, atau bahkan akuarium di sekitar ranjang mereka.

Dengan begini, anak akan menyadari bahwa mereka tidak sendirian.

5. Bersikap tegas

Cara kelima untuk melatih anak tidur sendiri yaitu bersikap tegas. Jika si kecil menyelinap ke kamar Anda di tengah malam, temani sebentar lalu kembalikan mereka ke kamarnya tanpa banyak interaksi.

Katakan kepada anak bahwa mereka harus tetap berada di tempat tidurnya sendiri.

Penting untuk bersikap tegas dan mengembalikan anak ke tempat tidurnya setiap kali mereka menyelinap ke kamar Anda. Apabila Anda tidak bersikap tegas, anak akan semakin sulit untuk tidur sendiri.

6. Beri hadiah untuk perilaku baik anak

Cara keenam untuk melatih anak tidur sendiri yaitu memberi hadiah untuk perilaku baik anak. Meskipun penting untuk mengabaikan perilaku anak yang tidak diinginkan seperti menangis, Anda tetap harus menghargai perilaku baik mereka.

Saat anak berhasil tidur sendiri dengan nyenyak, biarkan mereka memilih camilan favorit atau pakaian yang akan digunakan pada keesokan paginya.

Cara ini akan membantu anak mengasosiasikan perilaku baik dengan hadiah.

Nah, itulah 6 cara melatih anak tidur sendiri yang bisa Anda terapkan mulai sekarang. Untuk hasil terbaik, selalu ingat untuk menerapkan keenam cara di atas dengan konsisten ya Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News