Keluarga

Cegah Cyberbullying, Ini 6 Tips Bermain Internet yang Aman bagi Anak

Cegah Cyberbullying, Ini 6 Tips Bermain Internet yang Aman bagi Anak

MOMSMONEY.ID - Cegah cyberbullying, ini 6 tips bermain internet yang aman bagi anak.

Internet telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terkecuali anak-anak.

Tak hanya untuk bermain game atau bersenang-senang, internet juga kerap diandalkan oleh anak-anak untuk mengakses pendidikan dan tetap terhubung dengan teman-temannya.

Sebagai orangtua, mungkin Anda ingin selalu membatasi jumlah waktu yang dihabiskan anak untuk berselancar di dunia online.

Namun, Anda tidak boleh lupa bahwa mengecualikan anak dari dunia yang saling terkoneksi bukanlah sesuatu yang adil bagi mereka.

Pasalnya, akses ke internet memiliki banyak manfaat untuk anak-anak apabila digunakan dengan benar.

Baca Juga: Ibu Hamil Wajib Tahu, Ini 7 Kebiasaan untuk Memudahkan Persalinan

Di sisi lain, Anda tetap harus mewaspadai berbagai risiko yang mungkin anak alami saat mereka mengakses internet.

Selain ancaman malware dan virus komputer, cyberbullying juga rentan menyerang anak-anak jika mereka tidak memiliki benteng perlindungan diri yang kuat.

Untuk memastikan anak tetap aman saat mengakses internet, berikut 6 tips bermain internet yang aman bagi anak sebagaimana dilansir dari laman Child Development Institute:

1. Diskusikan risiko dan bahayanya

Jika anak-anak Anda sudah cukup besar untuk menggunakan teknologi dan internet, maka mereka pun sudah cukup dewasa untuk mengetahui tentang bahayanya.

Sebagai orangtua, Anda tidak perlu menakut-nakuti anak atau berbicara terlalu eksplisit saat menjelaskan bahaya dari teknologi dan internet.

Berkomunikasilah secara terbuka kepada anak tentang sisi negatif dari internet supaya mereka dapat memahami risiko kejahatan yang ada di dunia maya.

Tak lupa, ajak anggota keluarga Anda yang lain untuk mengembangkan sikap yang sehat saat menggunakan teknologi dan internet.

2. Tetapkan batasan

Menetapkan beberapa aturan tentang penggunaan internet dan teknologi memiliki sejumlah manfaat bagi anak-anak maupun keluarga.

Pada usia yang sangat muda, batasan yang ditetapkan bisa mencakup pembatasan dalam hal penggunaan media sosial apapun serta intensitas berkomunikasi secara online dengan teman.

Seiring bertambahnya usia anak, mereka harus diberikan lebih banyak kebebasan dalam mengakses internet. Kendati begitu, Anda tetap harus membatasi jumlah waktu yang dapat anak habiskan untuk beraktivitas di dunia maya.

Selain itu, penting juga untuk menetapkan larangan penggunaan gadget selama waktu makan guna meningkatkan interaksi keluarga yang berkualitas.

Baca Juga: Resep Cilok Brokoli Isi Ayam, Camilan Unik dan Menyehatkan Khas Kota Bandung

3. Instal parental control

Era digital seperti saat ini telah memperluas dunia bagi anak-anak. Meskipun demikian, tetap ada beberapa hal di dunia online yang tidak boleh dilihat atau dinikmati oleh anak.

Oleh sebab itu, Anda bisa menginstal aplikasi parental control untuk membantu Anda memantau dan membatasi aktivitas anak saat berselancar di dunia maya.

Parental control dapat diatur di jaringan broadband dan seluler baik itu di perangkat individual maupun mesin telusur.

Saat Anda mengaktifkan parental control, itu akan mencegah anak-anak Anda mengakses konten yang tidak sesuai usia, membeli aplikasi, atau mengubah kata sandi serta pengaturan privasi.

Studi terbaru menunjukkan, sejumlah anak-anak telah melihat pornografi online dan konten dewasa lainnya pada usia 12 tahun.

Jadi, parental control sangat layak untuk Anda pertimbangkan sebagai alat yang efektif untuk mencegah hal semacam itu terjadi.

4. Jelajahi dunia online bersama-sama

Internet adalah salah satu gudang ilmu yang fantastis dan praktis. Maka dari itu, Anda harus mendorong anak-anak Anda untuk menggunakan internet sebagai sumber penelitian.

Anda bisa menginstal game atau aplikasi pendidikan yang dapat membuat kegiatan belajar anak menjadi jauh lebih menyenangkan.

Selain itu, disarankan juga bagi Anda untuk menghabiskan waktu di internet bersama anak-anak guna mengeksplorasi potensi mereka dengan cara yang aman dan terkendali.

Dengan begini, anggota keluarga Anda yang lebih muda akan mengembangkan keterampilan IT dasar mereka saat mengamati bagaimana cara Anda menggunakan komputer dan perangkat lainnya dalam mengakses internet.

Baca Juga: Ini 6 Tips Memilih Snack yang Sehat untuk Anak Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia

5. Tingkatkan kesadaran akan cyberbullying

Dunia maya tidak bisa dilepaskan dari cyberbullying.

Dapat terjadi melalui e-mail, platform game, chat, dan jejaring sosial, cyberbullying sangat mungkin anak alami dalam bentuk pelecehan, ancaman, intimidasi, atau posting tentang data pribadi yang seharusnya tidak disebarkan ke publik.

Untuk mencegah anak Anda mengalami cyberbullying, lakukanlah percakapan terbuka dengan mereka tentang cyberbullying dan dorong anak untuk tidak ragu berbicara kepada Anda jika mereka menjadi korban dari tindakan cyberbullying.

Ingatkan juga kepada anak bahwa membagikan terlalu banyak informasi pribadi secara online dapat mendatangkan berbagai serangan dan manipulasi yang akan merugikan diri mereka sendiri.

6. Soroti risiko berteman secara online

Dikarenakan anak-anak masih cenderung polos, mereka pun bisa menerima begitu saja orang-orang yang mereka temui secara online. Padahal, forum dan ruang obrolan online yang diisi oleh orang asing bisa menjadi tempat yang berbahaya bagi mereka.

Penelitian menunjukkan, fasilitas online semacam itu merupakan tempat yang nyaman bagi para pedofil untuk memburu anak-anak.

Dalam kasus ekstrem, anak-anak dapat dipersiapkan secara online oleh oknum yang hendak menjual mereka secara rahasia kepada orang-orang jahat.

Anda tetap bisa mengizinkan anak untuk berkomunikasi dengan teman-teman mereka melalui internet. Namun, pastikan Anda tidak lupa untuk mengingatkan anak tentang potensi bahaya dari membangun persahabatan dengan orang asing di dunia maya.

Itulah 6 tips bermain internet yang aman bagi anak. Moms, perkembangan teknologi memang telah menuntut anak-anak untuk terbiasa hidup di dunia yang terkoneksi seperti sekarang.

Nah, jika Anda mampu mengajari anak tentang cara menggunakan internet dengan aman, maka Anda tidak perlu takut atau mencegah anak untuk mengakses kemajuan teknologi yang akan memberikan beragam manfaat positif bagi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News