Santai

Lakukan Rutin Setelah Sahur, Rasakan 4 Manfaat Meditasi Berikut Ini

Lakukan Rutin Setelah Sahur, Rasakan 4 Manfaat Meditasi Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Lakukan rutin setelah sahur dan dapatkan beberapa manfaat baik dari meditasi berikut ini.

Meditasi kerap kali digunakan sebagai salah satu cara untuk menenangkan diri dan pikiran dari stres yang mungkin terjadi selama berpuasa.

Terapi meditasi pun juga digunakan sebagai terapi dalam beberapa masalah gangguan jiwa maupun mental seseorang karena memiliki banyak manfaat baik.

Inilah beberapa manfaat baik dari meditasi jika dilakukan dengan rutin selama bulan puasa:

Baca Juga: Ingin Ibadah Puasa Makin Fokus? Terapkan 4 Cara Kurangi Waktu Main Gadget Ini Saja

Membantu mengontrol emosi

Sudah bukan rahasia bahwa rutin melakukan meditasi bisa membantu seseorang dalam mengelola dan mengontrol emosinya. Aktivitas meditasi pun juga bisa digunakan untuk membantu mengelola stres.

Dilansir dari laman Mayo Clinic, manfaat dari meditasi tak hanya didapatkan saat proses berakhir. Namun, dalam jangka waktu panjang, kontrol emosi pun juga dapat dikendalikan dengan meditasi.

Mengurangi risiko demensia

Meditasi adalah salah satu terapi yang bisa digunakan untuk mempertajam ingatan seseorang. Sehingga, orang tersebut bisa terhindar dari penyakit yang menyerang memori seperti Alzheimer atau demensia.

Beberapa jenis meditasi yang digunakan sebagai terapi dapat membantu meningkatkan perhatian, fokus, memori, dan respon mental yang tanggap. Hingga akhirnya aktivitas ini dapat membantu memelihara daya ingat.

Baca Juga: Bentuk-Bentuk Payudara yang Umum Dimiliki Wanita, Apa Saja?

Meningkatkan self-awareness

Menurut laman Health Line, beberapa jenis meditasi bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan mawas diri, pengenalan akan jati diri, dan membantu perkembangan diri.

Dengan begitu, rajin melakukan meditasi pun juga bisa membuat perubahan positif terhadap diri sendiri. Di samping itu, meditasi juga membantu meningkatkan problem solving karena seseorang telah lebih mengenal dirinya.

Meringankan sakit

Sakit yang disebabkan karena stres ternyata juga dapat di reda kan dengan rutin melakukan meditasi. Beberapa kondisi kesehatan yang dipengaruhi stres dapat berkurang gejalanya setelah melakukan meditasi.

Seperti gangguan kecemasan, asma, depresi, gangguan jantung, darah tinggi, hingga gangguan tidur juga dapat berkurang gejalanya dengan rutin melakukan meditasi sebagai terapinya.

Itulah tadi sederet manfaat meditasi jika dilakukan secara rutin setiap hari, terutama di bulan puasa ini. Coba, yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News