HOME, Bugar

Lakukan Cara Ini untuk Menghilangkan Milia di Wajah

Lakukan Cara Ini untuk Menghilangkan Milia di Wajah

MOMSMONEY.ID - Kemunculan milia di wajah cukup mengganggu penampilan. Milia adalah benjolan kecil bertumpuk dan memiliki warna putih disekitar area mata.

Menghilangkan milia bisa dibantu dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan atau secara mandiri di rumah.

Jika Anda ingin mencoba secara mandiri di rumah, lakukan beberapa cara di bawah ini untuk menghilangkan milia. Mengutip dari priveeclinic.id, berikut cara menghilangkan milia di wajah, yaitu: 

1. Menjaga Kebersihan Wajah

Cara menghilangkan milia dengan mejaga selalu kebersihan wajah. Menjaga kebersihan wajah akan sangat membantu untuk mengatasi bintik putih yang bermunculan.

Awali dengan memilih produk pembersih wajah yang tepat dan hindari face wash yang mengandung paraben.

Gunakan pembersih wajah secara teratur dan lakukan pijatan secara lembut. Setelah itu, membasuh wajah dengan air hangat untuk mengecilkan pori-pori. Cara ini akan membantu memudarkan bintik putih yang muncul di wajah. 

2. Lakukan Eksfoliasi

Cara menghilangkan milia di wajah selanjutnya yaitu dengan eksfoliasi. Eksfoliasi berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan sisa sel kulit mati yang mengendap di pori-pori. Perawatan ini memakai produk pembersih wajah yang mengandung butiran scrub. Pemakaiannya mirip dengan pemakaian lulur maupun body scrub, lakukan eksfoliasi setiap 1-2x dalam seminggu. 

Baca Juga: Selain Sunscreen, Inilah 4 Cara Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

3. Menggunakan Krim Wajah Kandungan Retinol

Menghilangkan milia juga bisa dibantu dengan memakai krim wajah dengan kandungan retinol. Retinoid merupakan Vitamin A yang baik untuk menghilangkan bintik putih dan meratakan warna kulit.

Berhubung retinoid sangat sensitif terhadap cahaya, maka penggunaannya perlu dikombinasikan dengan sunscreen atau dioleskan pada malam hari. 

4. Menggunakan Sunscreen

Cara menghilangkan milia di wajah berikutnya yaitu memakai tabir surya. Paparan sinar matahari diketahui mampu memunculkan bintik putih di wajah, oleh karena itu sebelum beraktivitas sebaiknya mengaplikasikan sunscreen.

Hal ini berperan sebagai lapisan pelindung yang menghindari paparan sinar matahari secara langsung pada wajah.

5. Mengoleskan Maker dari Madu

Cara menghilangkan milia di wajah terakhir adalah dengan mengoleskan masker dari bahan Madu. Rutin memakai masker akan membantu menutrisi kulit dan pemilihan bahan masker akan menentukan hasil yang didapatkan.

Pada masalah kulit milia, madu memiliki kemampuan untuk mengatasi peradangan di kulit wajah sehingga bekerja efektif mengatasi bintik putih tadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News