HOME, Bugar

Lakukan 5 Kebiasaan Ini untuk Membantu Melancarkan Pencernaan

Lakukan 5 Kebiasaan Ini untuk Membantu Melancarkan Pencernaan

MOMSMONEY.ID - Susah buang air besar alias sembelit berkaitan erat dengan tidak lancarnya sistem pencernaan.

Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja dan sangat membuat tidak nyaman. Sebab sembelit bisa membuat perut terasa penuh karena “isinya” tidak keluar untuk waktu yang lama.

Kerja sistem pencernaan sangat dipengaruhi oleh makanan dan aktivitas sehari-hari. Agar organ-organ dan saluran pencernaan Anda bekerja dengan baik, di bawah ini beberapa hal yang perlu Anda cermati.

Selain memperbanyak konsumsi makanan berserat, ada beberapa cara lain yang turut membantu melancarkan BAB. 

Baca Juga: Wow! Inilah 5 Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Pir untuk Kesehatan

Dialnsir dari Health Focus, inilah beberapa kebiasaan yang bisa membantu melancarkan pencernaan, antara lain: 

1. Tidak tidur setelah makan

Kebiasaan yang bisa membantu melancarkan pencernaan pertama adalah tidak tidur setelah makan. Tubuh Anda mencerna makanan dengan lebih baik dalam posisi tegak.

Sebaliknya, kebiasaan langsung tidur setelah makan justru bisa menghambat proses pencernaan. Bahkan, makanan bisa naik kembali bersama asam lambung menuju kerongkongan.

Salah satu dampaknya yaitu rasa tidak nyaman pada ulu hati alias heartburn. Jika Anda ingin tidur setelah makan, sebaiknya tunggulan selama 2 – 4 jam.

Ini merupakan waktu bagi makanan untuk bergerak menuju usus.

2. Mengonsumsi air putih yang cukup

Kebiasaan yang bisa membantu melancarkan pencernaan kedua adalah mengonsumsi air putih yang cukup. 

Cara melancarkan BAB secara alami berikutnya adalah memperbanyak konsumsi air putih. Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih minimal 2 liter atau 8 gelas per hari.

3. Aktif Bergerak 

Kebiasaan yang bisa membantu melancarkan pencernaan ketiga adalah aktif bergerak. Kurang bergerak dan kurang olahraga ternyata juga bisa menjadi pemicu sembelit.

Nah, untuk mengatasinya, cobalah untuk rutin berolahraga setidaknya jogging, lari-lari kecil, atau senam agar pencernaan jadi lebih lancar.

Banyak bergerak disebut dapat membantu merangsang usus dan pada kesempatannya, hal itu berguna untuk mengatasi sembelit.

Pilihlah jenis olahraga yang sesuai dan bisa memberi dampak baik bagi kesehatan pencernaan.

Tapi ingat, pastikan untuk tidak melakukan olahraga secara berlebihan karena malah bisa menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan lain yang lebih berbahaya. 

Baca Juga: Manfaat Collagen untuk Kesehatan Kulit yang Perlu Anda Ketahui

4. Melakukan olahraga secara rutin

Kebiasaan yang bisa membantu melancarkan pencernaan keempat adalah melakukan olahraga secara rutin. Jangan lupa untuk berolahraga secara rutin.

Jika Anda belum terbiasa berolahraga, coba mulai dari jalan kaki selama 10−15 menit tiap hari. Setelah itu, cobalah olahraga lain, seperti jogging, bersepeda, yoga, atau berenang.

Olahraga secara rutin penting untuk dilakukan, karena aktivitas ini bisa membantu menjaga kesehatan saluran cerna dan meningkatkan pergerakan usus sehingga membantu mengatasi keluhan susah buang air besar.

5. Makan dengan perlahan

Kebiasaan yang bisa membantu melancarkan pencernaan kelima adalah makan dengan perlahan. Perlu diingat bahwa proses pencernaan sudah berlangsung di dalam mulut.

Jika Anda makan secara perlahan, Anda juga mengunyah makanan dengan lebih lama. Hal ini akan meringankan kerja lambung, usus, dan organ-organ pencernaan lainnya.

Kebiasaan ini juga membantu melancarkan pencernaan karena tubuh memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan dengan lebih baik.

Hasilnya, usus mampu menyerap semua zat gizi dan makanan yang lumat bisa bergerak menuju usus dengan lancar

Itulah beberapa ebiasaan yang bisa membantu melancarkan pencernaanmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News