HOME, Bugar

Manfaat Collagen untuk Kesehatan Kulit yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Collagen untuk Kesehatan Kulit yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Collagen adalah protein yang berperan membangun dan menopang banyak jaringan di tubuh, mulai dari tulang, kulit, rambut, mata, hingga sistem pencernaan.

Beberapa tahun belakangan, suplemen dari protein ini menjadi populer karena mampu membuat kulit tetap kencang dan memberi tampilan seseorang untuk awet muda.

Selain itu, ada banyak jenis collagen yang dapat dikonsumsi dalam bentuk bubuk atau kapsul dan banyak sekali dijual di pasaran. 

Collagen juga mempercepat proses pemulihan jaringan tubuh yang terluka, memperkuat tulang, dan melenturkan tendon serta kulit. Jika kadarnya cukup, kulit menjadi kencang dan lentur.

Baca Juga: Selain Melawan Kanker, Inilah 5 Manfaat Mengonsumsi Buah Nangka untuk Kesehatan

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini beberapa manfaat collagen lainnya untuk kesehatan kulit yang bisa Anda dapatkan jika rutin mengonsumsinya, antara lain:

1. Meningkatkan elastisitas kulit

Manfaat collagen untuk kesehatan kulit yang pertama adalah meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini bisa didapatkan jika mengonsumsi collagen secara rutin.

Saat bertambah tua, adanya penurunan pada jumlah collagen yang membuat kulit kendur, oleh sebab itu bisa membantu dengan mengonsumsinya.

Dengan menambahkan collagen pada rutinitas perawatan kulit, elastisitas pada kulit dapat meningkat dan mencegah kekenduran dan peregangan secara permanen.

2. Mengurangi garis halus pada wajah

Manfaat collagen untuk kesehatan kulit yang kedua adalah mengurangi garis halus pada wajah. 

Pertambahan usia bukan hanya mengurangi produksi collagen dalam tubuh saja, tetapi juga memicu munculnya garis halus atau keriput.

Untuk mencegah kondisi tersebut, Anda juga dapat menggunakan collagen injeksi dari dokter kulit. 

3. Mengurangi selulit

Manfaat collagen untuk kesehatan kulit yang ketiga adalah mengurangi selulit. Selulit yang tampak di permukaan kulit ketika jaringan lemak menembus serat hingga ke lapisan kulit teratas.

Collagen bekerja dengan mempercepat proses perbaikan dan regenerasi sel kulit pada jaringan kulit tersebut.

Baca Juga: Inilah 5 Tanda Kanker Payudara yang Harus Diwaspadai

4. Menghidrasi kulit

Manfaat collagen untuk kesehatan kulit yang keempat adalah menghidrasi kulit. Collagen juga dapat meningkatkan hidrasi pada kulit yang membuatnya lembut saat disentuh.

Memang, kulit kering tidak berbahaya di awal, tetapi masalah ini dapat menyebabkan aktivasi eksim, seperti kulit pecah-pecah, peradangan, kemerahan, dan gatal.

Mengonsumsi banyak air dan collagen dapat membantu kulit menjaga kelembapannya. Sebuah penelitian telah dilakukan jika protein ini sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit kering.

5. Menghilangkan bekas jerawat

Manfaat collagen untuk kesehatan kulit yang kelima adalah menghilangkan bekas jerawat. Jerawat rentan menimbulkan bekas luka saat sembuh.

Bekas jerawat disebabkan oleh kerusakan collagen pada kulit. Maka dari itu, mengonsumsi collagen dapat bermanfaat untuk memperbaiki jaringan yang dapat menyembuhkan bekas jerawat.

Nah, hal ini juga dapat Anda lakukan untuk atasi stretch mark dan bahkan mencegahnya sebelum terjadi.

Itulah lima manfaat collagen untuk kesehatan kulit yang perlu Anda ketahui dan rasakan manfaatnya jika dikonsumsi secara rutin. 

Kini jangan lewatkan makanan sumber collagen dalam menu harian Anda. Selain menjaga kesehatan, kecantikan kulit juga ikut terpelihara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News