Keluarga

Kurangi Sampah Yuk! Simak 3 Ide Memanfaatkan Sampah Organik di Rumah

Kurangi Sampah Yuk! Simak 3 Ide Memanfaatkan Sampah Organik di Rumah

MOMSMONEY.ID - Sampah organik adalah sampah yang berasal dari bahan-bahan organik, misalnya sisa makanan seperti sayur, buah, hingga tulang dan kulit hewan.

Dalam kehidupan sehari-hari, sampah organik tersebut banyak yang dibuang begitu saja, padahal masih bisa dimakan atau dimanfaatkan kembali. Oleh karena itu, tak heran sampah organik termasuk salah satu jenis sampah rumah tangga yang paling banyak dihasilkan.

Jika dibiarkan, sampah organik yang menggunung di tempat pembuangan akhir (TPA) tentu tidak baik bagi lingkungan karena kerap bercampur dengan sampah anorganik yang sulit terurai.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa meminimalisir produksi sampah organik di rumah dengan cara memanfaatkannya kembali. Bagaimana caranya? Dikutip dari laman Sustaination, Gardening Channel, dan Conserve Energy Future, berikut beberapa idenya.

Baca Juga: Rekomendasi Warna Keramik Lantai yang Bikin Kamar Tidur Terasa Luas

Dibuat pupuk kompos

Salah satu cara termudah untuk memanfaatkan sampah organik adalah dengan mengubahnya menjadi pupuk kompos. Pupuk ini bisa digunakan untuk menyehatkan tanaman yang ada di halaman rumah.

Untuk membuat pupuk kompos, umumnya Anda bisa memanfaatkan sampah organik seperti sisa sayur, buah, kulit telur, kulit kacang, ampas kopi, ampas teh, hingga daun-daun kering.

Sisa makanan seperti daging dan tulang tidak disarankan karena rawan dihinggapi oleh hama dan menjadi sarang bakteri, sehingga malah akan membahayakan Anda dan penghuni rumah.

Masukkan sampah organik tersebut ke dalam komposter, lalu tutup dan diamkan dalam 1-3 bulan. Aduk sesekali untuk mencampurkan udara yang akan mempercepat proses pembusukan sampah.

Dijadikan eco enzyme

Eco enzyme adalah cairan yang terbuat dari hasil fermentasi sampah organik yang didiamkan di dalam larutan gula selama 3 bulan.

Cairan eco enzyme sangat serbaguna dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan rumah tangga, seperti mengepel lantai, membersihkan jendela, mencuci piring, dan masih banyak lagi. Jadi, hanya dengan mengandalkan cairan ini, Anda tak perlu membeli banyak produk rumah tangga.

Untuk membuat eco enzyme, campurkan sampah organik (sisa kulit buah atau sayur), gula, dan air dengan perbandingan 3:1:10 di dalam wadah plastik tertutup, lalu diamkan hingga siap digunakan.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Eco Enzyme, Pembersih Serbaguna dari Sampah Organik

Diolah kembali menjadi bahan makanan

Terakhir, Anda bisa mencoba mengolah kembali sampah organik menjadi bahan makanan di rumah. Tentunya, gunakan sisa sampah organik yang masih layak dan belum membusuk.

Misalnya, kumpulkan sisa sayuran yang tidak diolah menjadi satu, lalu rebus menjadi kaldu sayur. Atau, setelah mem-­fillet ayam, kumpulkan tulangnya dan rebus sehingga menghasilkan kaldu yang lezat. Anda juga bisa menghasilkan kaldu dari sisa kulit udang, lo.

Atau, jika Anda punya buah-buahan yang sudah kelewat matang dan tidak sempat menghabiskannya dalam waktu singkat, coba campur menjadi jus atau smoothies yang segar.

Itulah beberapa ide untuk memanfaatkan sampah organik di rumah. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News