HOME, Keluarga

Kurangi Kelembapan Udara, Ini 4 Manfaat Exhaust Fan untuk Rumah

Kurangi Kelembapan Udara, Ini 4 Manfaat Exhaust Fan untuk Rumah

MOMSMONEY.ID - Exhaust fan merupakan salah satu kelengkapan rumah yang keberadaannya kerap tidak disadari oleh penghuni rumah, sehingga sering terlupakan saat akan mendesain atau merencanakan tata letak suatu ruangan.

Padahal, alat yang satu ini memiliki banyak manfaat yang dapat menjaga kondisi rumah, lo. Misalnya, exhaust fan dapat membantu mengurangi tingkat kelembapan udara di rumah sehingga udara akan lebih sehat.

Selain manfaat tersebut, apa saja manfaat lain dari exhaust fan untuk rumah Anda? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Awas, Jangan Gunakan Cuka untuk Membersihkan Benda-Benda Ini!

Mengurangi kelembapan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat utama exhaust fan adalah mengurangi kelembapan udara yang berlebih di suatu ruangan, sehingga membuat udara lebih segar dan tidak terasa apek.

Dilansir dari laman Polar Electric, manfaat exhaust fan yang satu ini akan sangat terasa di ruangan yang memiliki kelembapan tinggi seperti kamar mandi atau dapur. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memasang exhaust fan di kedua area tersebut.

Mencegah kerusakan barang akibat kelembapan

Mengutip Bobvila, kelembapan udara yang tinggi juga dapat membuat lapisan cat dinding terkelupas, meninggalkan noda dan kotoran pada permukaan dinding, hingga menimbulkan jamur di beberapa tempat.

Exhaust fan dapat membantu mengurangi kelembapan udara di suatu ruangan, sehingga dapat mengurangi risiko kerusakan barang yang ditimbulkan oleh kelembapan tersebut.

Baca Juga: Jangan Salah Beli, Kenali Dulu Plus dan Minus Vacuum Cleaner Tipe Cordless

Mengurangi asap dan bau tidak sedap

Salah satu masalah yang kerap terjadi di dapur adalah asap dan bau tidak sedap yang sulit hilang walaupun sudah selesai memasak. Untuk mengatasi masalah tersebut, cobalah mempertimbangkan untuk memasang exhaust fan.

Dikutip dari laman Premier Indoor, exhaust fan dapat membantu mengeluarkan asap dan bau tidak sedap dari suatu ruangan dengan cepat, sehingga udara di ruangan tersebut akan lebih bersih dan mudah dihirup.

Baca Juga: Kurangi Produktivitas, Ini 4 Kesalahan Menata Home Office yang Perlu Dihindari

Meningkatkan sirkulasi dan kualitas udara

Jika kelembapan, asap, dan bau tidak sedap dapat disingkirkan dengan mudah oleh exhaust fan, maka kualitas udara di rumah tentu akan lebih baik untuk Anda dan penghuni rumah lainnya.

Selain itu, exhaust fan juga dapat membantu melancarkan aliran atau sirkulasi udara di rumah. Udara di rumah pun akan terasa lebih segar sehingga Anda merasa nyaman berlama-lama di dalam rumah.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari exhaust fan di rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News