Keluarga

Kulit Jadi Glowing, Ini 4 Manfaat Neroli Oil untuk Kecantikan Kulit

Kulit Jadi Glowing, Ini 4 Manfaat Neroli Oil untuk Kecantikan Kulit

MOMSMONEY.ID - Cari tahu manfaat neroli oil untuk kecantikan kulit, yuk!

Neroli oil merupakan essential oil yang diekstrak dari bunga jeruk pahit Citrus aurantium. Memiliki aroma manis dan segar khas jeruk, neroli oil diperkaya dengan senyawa bioaktif seperti fenolat, flavonoid, dan vitamin.

Selain banyak digunakan dalam wewangian, neroli oil juga populer di industri kecantikan organik karena menyimpan beragam manfaat untuk kulit.

Dirangkum dari situs mindbodygreen dan Dr. Axe, berikut 4 manfaat neroli oil untuk kecantikan kulit yang patut Anda simak.

Baca Juga: Bisa Anda Coba, Ini 5 Cara Alami Mengobati Kulit Gatal Akibat Gigitan Serangga

1. Mengurangi jerawat

Sebuah studi laboratorium yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Biologi Pakistan menemukan bahwa kandungan limonene dalam neroli mampu bekerja melawan bakteri, ragi, dan jamur. Sehingga, menjadikannya sebagai penangkal jerawat dan benjolan yang cukup ampuh.

Bahkan, neroli oil dapat bekerja untuk mengurangi munculnya jerawat dalam semalam berkat sifat anti-jamur dan antimikroba yang dimilikinya, menurut seorang dokter kulit asal Australia bernama Daniel Lanzer.

2. Membuat kulit glowing

Dalam ulasan tentang aktivitas biologis minyak atsiri jeruk yang diterbitkan di International Journal of Molecular Sciences, para peneliti mengatakan bahwa neroli oil mengandung antioksidan yang tinggi.

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi dan sifat regenerasi selnya, neroli oil dapat menghasilkan kilau alami yang menakjubkan pada kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, encerkan 2-6 tetes neroli oil dengan carrier oil (minyak pembawa) seperti minyak kelapa atau avocado oil. Setelah tercampur, oleskan tipis-tipis ke kulit pada pagi atau malam hari.

Baca Juga: 8 Essensial Oil yang Bisa Bantu Mengatasi Kecemasan, Coba Hirup Salah Satunya!

3. Mengurangi peradangan

Penelitian menunjukkan bahwa komposisi kimia dari neroli oil menjadikannya sebagai agen anti-inflamasi yang kuat terhadap peradangan akut dan kronis.

Dengan menggunakan neroli oil untuk perawatan kulit, itu dapat mengurangi peradangan maupun gatal pada kulit kering dan sensitif.

4. Memperbaiki dan meremajakan kulit

Neroli oil memiliki kemampuan untuk meregenerasi sel-sel kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Neroli oil juga dapat membantu menjaga keseimbangan minyak yang tepat pada semua jenis kulit.

Berkat kemampuannya dalam menghidupkan kembali kulit pada tingkat sel, neroli oil bermanfaat untuk menyamarkan kerutan, bekas luka, dan stretch mark. Plus, neroli oil memiliki sifat antimikroba yang menawarkan efek penyembuhan serta menenangkan untuk membantu mengobati kondisi kulit akibat bakteri dan ruam.

Moms, itulah 4 manfaat neroli oil untuk kecantikan kulit. Jika Anda tertarik untuk mulai menggunakan neroli oil, selalu ingat untuk tidak mengaplikasikannya pada mata atau selaput lendir lainnya. Sebelum dioleskan ke kulit, lakukanlah uji tempel ke bagian tubuh yang tidak sensitif seperti lengan bawah untuk memastikan Anda tidak mengalami reaksi negatif apapun.

Apabila neroli oil membuat kulit Anda iritasi, segera hentikan penggunaannya. Namun, jika kulit Anda lulus uji tempel, maka Anda dapat menggunakan neroli oil ke bagian tubuh yang lebih luas tentunya setelah diencerkan terlebih dahulu dengan carrier oil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News