Keluarga

Bisa Anda Coba, Ini 5 Cara Alami Mengobati Kulit Gatal Akibat Gigitan Serangga

Bisa Anda Coba, Ini 5 Cara Alami Mengobati Kulit Gatal Akibat Gigitan Serangga

MOMSMONEY.ID - Kulit terasa gatal dan tidak nyaman karena digigit serangga? Cobalah 5 cara alami ini untuk mengobati kulit gatal akibat gigitan serangga.

Serangga seperti nyamuk dan kutu mendapatkan makanan berupa darah dengan cara menggigit manusia dan binatang lain.

Sering kali, gigitan serangga ini akan meninggalkan benjolan gatal yang mengganggu dan bisa menyebabkan infeksi jika digaruk secara berlebihan.

Alih-alih digaruk dan mendatangkan infeksi, alangkah baiknya Anda segera mencuci bekas gigitan serangga dengan sabun dan air. Kemudian, Anda dapat mempertimbangkan untuk mencoba 5 cara alami mengobati kulit gatal akibat gigitan serangga yang dirangkum dari Fullscript berikut ini.

Baca Juga: 8 Essensial Oil yang Bisa Bantu Mengatasi Kecemasan, Coba Hirup Salah Satunya!

1. Terapi dingin

Cara alami pertama untuk mengobati kulit yang gatal akibat gigitan serangga adalah terapi dingin. Mengaplikasikan sesuatu yang dingin ke kulit akan menurunkan suhu sekaligus mengurangi pembengkakan dan aktivitas saraf guna meringankan rasa sakit.

Mengatasi gatal akibat gigitan serangga melalui terapi dingin dapat dilakukan dengan mengoleskan es batu, kompres es, atau air dingin ke kulit yang teriritasi. Produk yang memberikan sensasi dingin seperti peppermint oil kemungkinan juga memiliki efek serupa.

2. Pakai oatmeal koloid

Oat yang digiling halus atau disebut sebagai oatmeal koloid dapat meredakan gatal berkat sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dimilikinya.

Untuk mengobati kulit yang gatal akibat gigitan serangga secara alami, cobalah untuk berendam di dalam air hangat berisi oatmeal koloid. Atau, gunakan produk perawatan kulit yang mengandung oatmeal untuk membantu meredakan gigitan serangga yang gatal.

3. Oleskan tea tree oil

Penelitian menunjukkan sifat antibakteri dan anti-inflamasi dalam tea tree oil dapat membantu meredakan gatal akibat gigitan serangga. Karena termasuk essential oil, tea tree oil tidak boleh dioleskan ke kulit tanpa diencerkan terlebih dahulu dengan carrier oil atau minyak pembawa. Adapun beberapa varian carrier oil yang bisa Anda pilih antara lain aloe vera gel, avocado oil, dan jojoba oil.

Jika terjadi reaksi alergi atau iritasi kulit setelah Anda mengoleskan tea tree oil, cuci area kulit yang terkena dengan lembut dan segera hentikan penggunaannya.

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Rambut Rusak dengan Benar, Apa Saja?

4. Gunakan witch hazel

Witch hazel merupakan zat pengering alami yang mengencangkan kulit. Selain kaya akan senyawa antioksidan tertentu, witch hazel juga memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan astringent.

Anda bisa mengoleskan witch hazel secara lembut dengan kapas untuk mengurangi gatal akibat gigitan serangga. Apabila Anda tidak memiliki witch hazel di rumah, cuka apel atau kantong teh hijau dingin dapat Anda manfaatkan karena kedua bahan ini sama-sama memiliki sifat astringent.

5. Manfaatkan baking soda

Saat peradangan terjadi, sistem kekebalan tubuh membutuhkan lebih banyak energi dari biasanya untuk menyembuhkan area yang meradang. Akibatnya, keseimbangan asam basa di area peradangan akan terpengaruh dan membuat area tersebut menjadi lebih asam dari biasanya.

Nah, untuk membantu meredakan peradangan pada kulit yang terkena gigitan serangga, baking soda bisa dimanfaatkan. Baking soda memiliki ph dasar yang mungkin menenangkan dan menetralkan area kulit yang meradang sekaligus menghilangkan rasa gatal.

Buatlah pasta baking soda dengan mencampurkan 1 sendok baking soda dan 3 sendok air. Setelah tercampur, oleskan pasta baking soda ke kulit yang tergigit serangga dan diamkan selama sekitar 10 menit sebelum dibilas.

Itulah 5 cara alami mengobati kulit gatal akibat gigitan serangga. Selamat mencoba, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News