HOME, Bugar

Kulit Glowing! 7 Langkah Detoks Wajah yang Bisa Anda Lakukan

Kulit Glowing! 7 Langkah Detoks Wajah yang Bisa Anda Lakukan

MOMSMONEY.ID - Selain di salon atau klinik kecantikan, mendetoks wajah bisa juga dilakukan mandiri di rumah.

Detoks wajah berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan racun di wajah serta melancarkan peredaran darah ke kulit.

Jika Anda tertarik ingin mencoba, berikut langkah detoks wajah yang bisa Anda lakukan dikutip dari evamuliaclinic.com, yaitu: 

1. Membersihkan wajah dua kali sehari

Pertama, langkah detoks wajah yang bisa Anda lakukan yaitu membersihkan wajah dua kali sehari. 

Kebiasaan membersihkan wajah harus diterapkan dalam jangka panjang dan dilakukan secara rutin. Disarankan untuk mencuci muka pagi dan sore hari sebelum tidur. Pilih pembersih wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

2. Gunakan serum dan pelembab

Setelah membersihkan wajah, dilanjutkan dengan menggunakan serum dan pelembab. Kedua produk tersebut dioleskan di pagi hari sebelum beraktivitas dan di malam hari sebelum tidur sangat membantu menjaga kelembapan wajah. Selain serum dan pelembap, Anda juga bisa mengoleskan minyak wajah untuk membuat kulit lebih halus.

3. Melakukan scrub wajah

Langkah detoks wajah yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan scrub wajah. Lakukan scrub agar sel-sel kulit mati di wajah bisa terangkat dan kulit Anda bisa bernapas dengan baik.

Setelah menggosok wajah, saatnya memeriksa komedo. Langkah-langkah pencarian komedo memang mudah.

Untuk kontur hidung, Anda bisa menggunakan bantuan pore pack yang banyak dijual di pasaran. Namun untuk area wajah lainnya perlu menggunakan alat khusus untuk menghilangkan komedo. Setelah komedo berhasil dihilangkan, segera bersihkan dengan kain bersih dan kering. 

Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah Alasan Penting Memakai Sunscreen Sebelum Keluar Rumah

4. Memakai masker lumpur

Berikutnya, langkah detoks wajah adalah memakai masker lumpur. Fungsi utama masker lumpur adalah untuk melancarkan peredaran darah pada kulit wajah, membersihkan kulit dari debu dan kotoran, melembabkan dan menyegarkan kulit, serta menjadikan kulit lebih cerah dan lembut.

Meski membantu, namun pemilik kulit kering harus sedikit berhati-hati. Hal ini dikarenakan masker lumpur bisa membuat kulit wajah lebih kering. Oleh karena itu, setelah menggunakan masker lumpur, segeralah melembabkan kulit wajah.

5. Melakukan steam wajah sesekali

Steaming wajah sangat disarankan untuk menutrisi kulit wajah. Steaming wajah berfungsi untuk membuka pori-pori kulit, facial steamer dikatakan mampu membuat produk skincare Anda lebih terserap sempurna.

Tidak perlu ke salon, Anda bisa melakukan facial steaming menggunakan handuk yang dicelupkan ke dalam air hangat dan dioleskan ke wajah selama beberapa menit. 

6. Rutin minum air putih

Langkah detoks wajah yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah rutin minum air putih. Cara ini menjaga kulit terhidrasi dan mencegah munculnya jerawat. Minum minimal 8 gelas air putih dapat membantu melepaskan racun dari tubuh, bahkan mencegah kulit kusam dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

7. Menerapkan pola makan sehat

Detoks wajah lainnya adalah menerapkan pola makan sehat. Mengonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin memiliki wajah yang sehat dan bercahaya. Mulai hindari juga makanan yang digoreng dan makanan yang tinggi garam, gula, dan lemak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News