Keluarga

Kucing Peliharaan Anda Suka Makan Rumput? Berikut Alasannya

Kucing Peliharaan Anda Suka Makan Rumput? Berikut Alasannya

MOMSMONEY.ID - Jika Anda punya kucing peliharaan di rumah, pasti Anda sudah terbiasa dengan tingkah laku si kucing yang unik dan sulit dijelaskan.

Salah satu tingkah laku si kucing yang terkadang mengundang pertanyaan adalah kebiasaan mereka untuk memakan rumput. Sebagai hewan karnivora, kebiasaan tersebut tentu menimbulkan keheranan.

Jika ditelusur, ternyata ada beberapa alasan mengapa kucing peliharaan Anda suka memakan rumput. Dirangkum dari PetMD, Purina UK, dan Reader’s Digest, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Awas, Ini Benda di Rumah yang Bisa Menularkan Ringworm Pada Kucing

Membantu sistem pencernaan kucing

Sama seperti manusia yang terkadang butuh obat pencahar untuk melancarkan sistem pencernaan, kucing juga butuh pencahar untuk melancarkan sistem pencernaan mereka.

Hanya saja, mereka mendapatkan pencahar alami dari rumput. Memakan rumput akan membantu memecah makanan yang menumpuk di pencernaan si kucing, sehingga perutnya akan mencerna makanan dengan lebih mudah dan meminimalisir risiko sembelit.

Rumput mengandung asam folat

Cairan di dalam rumput mengandung folic acid atau asam folat, yaitu zat yang dapat membantu sistem pencernaan, pertumbuhan sel, dan produksi hemoglobin. Asam folat biasanya juga ditemukan di ASI.

Jika kucing peliharaan Anda merasa kekurangan asam folat, mereka terkadang mencari sesuatu yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Rumput pun menjadi pilihan tercepat untuk mendapatkan asam folat yang bernutrisi bagi si kucing.

Baca Juga: Waspada, Ini Penyebab Obesitas Pada Kucing Peliharaan

Membantu kucing memuntahkan bulu

Kucing biasanya memuntahkan bulu, rambut, dan benda-benda lain yang tidak bisa mereka cerna dengan baik di dalam perutnya.

Jadi, untuk membantu si kucing memuntahkan semua benda tersebut, mereka memakan rumput yang sama-sama sulit dicerna perutnya. Karena kucing tidak memiliki enzim untuk mencerna rumput, mereka akan memuntahkan rumput yang dimakannya, bersamaan dengan bulu dan rambut di dalam perut.

Bisa dibilang, rumput membantu membersihkan perut si kucing dari benda-benda yang tidak bisa dicerna, sehingga sistem pencernaan mereka akan lebih lancar.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa kucing peliharaan Anda suka memakan rumput.

Walaupun pada dasarnya tidak berbahaya, Anda perlu waspada supaya si kucing tidak makan rumput terlalu banyak karena dapat menyumbat sistem pernapasan dan membuat mereka bersin-bersin. Jangan lupa untuk memeriksakan kucing peliharaan ke dokter hewan secara rutin supaya kesehatan mereka terjaga.

Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News