Keluarga

Waspada, Ini Penyebab Obesitas Pada Kucing Peliharaan

Waspada, Ini Penyebab Obesitas Pada Kucing Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Sama seperti manusia, kucing juga bisa mengalami kelebihan berat badan dan obesitas.

Dikutip dari PetMD, kucing dianggap mengalami obesitas jika lemak berlebih pada tubuhnya melebihi 20% dari berat badan idealnya.

Obesitas merupakan masalah kesehatan yang umum dialami pada kucing peliharaan dan bisa menimbulkan sederet masalah kesehatan lainnya, mulai dari sistem imun yang melemah, arthritis, hingga gangguan sistem metabolisme.

Jadi, Anda perlu waspada supaya kucing peliharaan di rumah tidak mengalami obesitas. Salah satu caranya adalah dengan mengenali penyebab obesitas pada kucing.

Apa saja penyebab obesitas pada kucing peliharaan di rumah? Dilansir dari Wag Walking dan VCA Hospitals, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Kucing yang Mengalami Obesitas

Usia kucing

Usia kucing ternyata menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan obesitas.

Kucing berusia paruh baya (sekitar 8 atau 12 tahun) cenderung akan lebih mudah mengalami kenaikan berat badan dibandingkan kucing yang lebih muda atau tua, sehingga Anda perlu waspada terhadap berat badan si kucing pada usia ini supaya tidak mengalami obesitas.

Kebiasaan makan si kucing

Salah satu penyebab utama obesitas adalah kebiasaan makan si kucing. Misalnya, kucing akan cenderung lebih mudah mengalami kenaikan berat badan bila lebih sering mengonsumsi makanan kering dibandingkan makanan basah.

Selain itu, kucing yang makan terlalu cepat akan mudah merasa bosan sehingga akan lebih sering meminta makan. Jika terbiasa diberi makan di luar jadwalnya, si kucing bisa mengalami kenaikan berat badan berlebih yang berujung pada obesitas.

Kucing yang disteril

Kucing yang disteril cenderung mengalami kenaikan tingkat metabolisme tubuh, sehingga mereka akan lebih cepat merasa lapar.

Karena lebih cepat lapar, mereka akan makan lebih sering. Akhirnya, si kucing akan mudah mengalami obesitas akibat berat badan yang berlebih. Namun, Anda masih bisa mengontrol porsi makannya supaya mereka tidak makan berlebihan.

Baca Juga: 4 Tips Mencegah Penularan Ringworm pada Kucing Peliharaan

Tidak banyak bergerak

Layaknya manusia, kucing yang pemalas dan tidak banyak bergerak juga rentan mengalami obesitas. Apalagi, kebanyakan kucing peliharaan menghabiskan waktunya di dalam rumah sehingga tidak banyak melakukan aktivitas fisik.

Untuk meminimalisir risiko obesitas, Anda bisa mengajak kucing peliharaan di rumah untuk banyak bermain dan menggerakkan tubuhnya, sehingga mereka akan lebih aktif.

Kondisi kesehatan si kucing

Terkadang, ada beberapa kondisi kesehatan tertentu yang membuat kucing lebih rentan mengalami obesitas.

Misalnya, kucing yang memiliki alergi akan lebih pemilih terhadap jenis makanan tertentu, sehingga mempengaruhi kenaikan berat tubuhnya. Selain itu, kucing yang mengalami arthritis akan sulit bergerak secara aktif sehingga meningkatkan risiko obesitas.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan obesitas pada kucing. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News