HOME, Keluarga

Kucing Anda Sedang Hamil? Ketahui Bagaimana Cara Merawatnya

Kucing Anda Sedang Hamil? Ketahui Bagaimana Cara Merawatnya

MOMSMONEY.ID - Menerima kabar bahwa kucing peliharaan Anda sedang hamil, tentu sangat membahagiakan. Ini adalah saat-saat di mana kucing Anda membutuhkan perawatan yang baik untuk menjaga kesehatannya dan calon anaknya.

Umumnya, kehamilan kucing berlangsung sekitar 2 bulan atau 9 minggu. Saat hamil, kucing bisa mengandung setidaknya 1 hingga 10 anak kucing. Akan tetapi, untuk kucing yang baru pertama kali hamil biasanya mengandung 2 hingga 3 anak kucing. Berapa pun jumlah anak kucing yang dilahirkan, Anda harus benar-benar merawat kucing yang hamil dengan sebaik-baiknya. Dilansir dari The Spruce Pets, berikut cara merawat kucing yang sedang hamil.

Baca Juga: Ternyata Kucing Peliharaan Suka Bersantai di Beberapa Tempat Ini

Membawanya ke Dokter Hewan untuk Pemeriksaan

Meski kucing Anda sudah menunjukkan tanda-tanda kehamilan, Anda tetap perlu memeriksakannya ke dokter hewan. Ini bertujuan untuk memastikan kehamilan kucing Anda dan kondisi kesehatannya. Sebab, sangat sulit untuk menentukan kehamilan kucing di masa-masa awal. Selain itu, dokter hewan juga akan memberikan saran tentang merawat kucing hamil sesuai dengan kondisi kucing Anda.

Sekitar 55 hari setelah kehamilan, dokter hewan Anda mungkin merekomendasikan untuk mengambil radiografi (X-ray) untuk melihat jumlah anak kucing yang akan lahir. Ini tentu akan membantu Anda untuk mengetahui kapan kucing akan selesai melahirkan dan menyediakan tempat yang sesuai untuk mereka.

Vaksinasi selama masa kehamilan mungkin tidak dianjurkan karena akan memiliki efek buruk pada perkembangan anak kucing, meski beberapa jenis vaksin rabies baik-baik saja. Namun, ini bergantung dengan saran dokter hewan Anda.

Memberi Makan Kucing Hamil

Kucing yang sedang hamil harus diberi makanan yang berkualitas dan nutrisinya sesuai dengan kebutuhannya. Makanan kucing dewasa normal akan membuatnya tetap sehat, tetapi ini tidak cukup untuk memberinya nutrisi tambahan. Sebagai gantinya, ada banyak jenis makanan kucing yang dikhususkan untuk induk kucing yang sedang mengandung dan menyesui, Anda bisa memilih salah satunya.

Pilihan lainnya, Anda dapat mengalihkannya kembali ke makanan anak kucing selama masa kehamilannya sampai anak kucing yang baru lahir disapih. Dilansir dari Purely Pet Insurance, beralih ke makanan anak kucing memiliki banyak manfaat. Mereka akan mendapatkan susu berkualitas dari nutrisi tambahan yang dikonsumsi ibunya dan saat mereka tumbuh, mereka akan mulai mencoba beberapa makanan ibu yang akan membantu mereka menyapih lebih jauh.

Selain menentukan jenis makanannya, pada minggu keenam masa kehamilan, Anda harus menawarkan setidaknya 25% lebih banyak makanan. Sebab, di masa-masa kehamilannya, kucing akan mengalami peningkatan nafsu makan karena kebutuhan janin-janinnya.

Baca Juga: Ketahui 6 Makanan yang Beracun untuk Kelinci

Syarat Lingkungan Tempat Tinggal Kucing Hamil

Di luar saran-saran dokter dan perubahan nutrisi makanannya, kucing yang hamil sebenarnya tidak membutuhkan hal lain selama sebagian besar masa kehamilannya. Akan tetapi, semakin dekat dengan hari kelahirannya, mereka akan mulai mencari-cari tempat yang aman dan nyaman untuk melahirkan.

Ini cukup mudah untuk dipersiapkan. Anda dapat menyiapkan kotak kardus kosong atau keranjang, lalu mengisinya dengan selimut-selimut yang hangat. Tempatkan ruang ini di tempat yang paling aman dan nyaman di dalam rumah Anda. Kendati demikian, kucing belum tentu menggunakannya, tetapi tak salah bila Anda menyiapkannya terlebih dahulu agar kucing menemukannya.

Kenali Kebiasaan Terbarunya

Sama seperti halnya manusia, kucing yang tengah hamil juga dapat mengalami morning sickness yang mana mereka akan mengalami muntah-muntah atau tidak enak badan. Mereka mungkin juga akan kehilangan nafsu makan di awal kehamilan. Anda tak perlu khawatir atau memaksa mereka harus makan. Namun, bila kucing muntah-muntah lebih sering, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter hewan.

Kucing yang sedang hamil juga akan lebih banyak tidur daripada biasanya dalam sehari. Ini tidak masalah karena mereka memang butuh istirahat untuk menjaga kondisinya. Berikan kucing Anda tempat yang nyaman untuk beristirahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News