HOME, Keluarga

Ketahui 6 Makanan yang Beracun untuk Kelinci

Ketahui 6 Makanan yang Beracun untuk Kelinci

MOMSMONEY.ID - Kelinci biasanya makan hingga 30 kali sehari, sehingga mereka membutuhkan pasokan makanan yang baik dan bernutrisi untuk menjaga kesehatannya. Namun, kelinci juga membutuhkan diet sehat untuk menjaga tubuhnya dari obesitas.

Kelinci merupakan hewan herbivora sejati. Namun, bukan berarti semua jenis tumbuhan aman untuk dikonsumsi. Ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi kelinci dan bahkan beracun.

Dilansir dari Rabbit Care Tips, berikut ini enam makanan yang beracun untuk kelinci.

Baca Juga: Ini 5 Panduan Cara Merawat Anak Kucing

Selada Iceberg

Selada memang bisa dikonsumsi kelinci. Namun, selada iceberg tidak sehat untuknya karena mengandung kimia berbahaya yang disebut lactucarium. Lactucarium biasanya tidak berbahaya dalam jumlah kecil, tetapi bila terlalu banyak, ini dapat menyebabkan diare dan kelemahan fisik. Kelinci yang masih muda sangat rentan terhadap makanan ini.

Kembang Kol

Kembang kol adalah salah satu jenis sayuran, tetapi ini tidak baik untuk kelinci. Baik mentah atau dimasak, kembang kol dapat menyebabkan kembung parah pada kelinci.

Baca Juga: Cara Mengetahui Berapa Usia Kelinci Peliharaan Melalui 4 Cara Ini

Bawang-bawangan

Sama seperti hewan lainnya, kelinci juga tidak boleh diberikan bawang sebagai makanannya. Ini termasuk bawang merah, bawang putih, chives, dan bawang bombai. Bawang-bawangan dapat menyebabkan anemia hemolitik (kehilangan sel darah merah). Ini dapat menyebabkan pusing, lemah, dan akhirnya kematian.

Alpukat

Alpukat juga merupakan makanan yang berbahaya untuk kelinci. Ini karena alpukat mengandung senyawa beracun yang bernama persin. Jika kelinci menelan terlalu banyak persin, ini dapat menyebabkan masalah pernapasan dengan cepat. Kelinci juga akan mengalami gagal jantung hingga kematian untuk beberapa kasus yang fatal.

Daun kentang

Kentang memang bukan sumber makanan yang baik untuk kelinci karena mengandung pati yang sangat tinggi. Meski tidak beracun, kelinci tidak dapat mencernanya dengan baik. Selain kentang, daunnya juga tidak boleh dikonsumsi kelinci karena sama bahayanya.

Buah cokelat

Buah cokelat mengandung dua jenis methylxanthines yang berbahaya, yakni teobromin dan kafein. Jika kelinci memakan buah cokelat atau cokelat yang sudah diolah, akan menyebabkan reaksi keracunan yang parah pada beberapa kelinci. Gejala keracunan ini seperti diare, gelisah, menggeliar, gemetar, dan terengah-engah. Kelinci mungkin juga akan mengalami demam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News