Bugar

Konsumsi Secara Rutin, Ini 5 Buah yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Konsumsi Secara Rutin, Ini 5 Buah yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa buah yang bisa menurunkan darah tinggi dan bisa Anda konsumsi secara rutin. Hal ini penting untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral tubuh.

Saat Anda menderita darah tinggi, vitamin dan mineral serta serat yang terkandung dalam buah-buahan dapat membantu menurunkan darah tinggi.

Terutama, buah yang mengandung kalsium, magnesium, serta kalium adalah buah yang dianjurkan sebagai penurun tekanan darah tinggi, dikutip Healthline.

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah buah yang bisa menurunkan darah tinggi dan bisa Anda konsumsi secara rutin, antara lain: 

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

1. Kiwi

Buah yang bisa menurunkan darah tinggi pertama adalah kiwi. Kiwi memiliki berbagai nutrisi yang bermanfaat menurunkan tekanan darah, seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan kalium.

Sebuah penelitian menemukan bahwa penderita hipertensi yang rutin mengonsumsi tiga buah kiwi sehari mengalami penurunan tekanan darah yang lebih cepat. 

2. Semangka

Buah yang bisa menurunkan darah tinggi kedua adalah semangka. Buah semangka mengandung nutrisi bermanfaat, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium.

Buah ini juga mengandung L-citrulline yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah. 

3. Anggur

Buah yang bisa menurunkan darah tinggi ketiga adalah anggur. Kandungan polifenol di anggur berguna untuk mengontrol tekanan darah.

Selain itu, buah ini juga mengandung tinggi serat dan rendah kalori, sehingga jika dikonsumsi secara rutin bisa mencegah munculnya sindrom metabolik, termasuk hipertensi. 

Baca Juga: 4 Tahapan untuk Diet Atkins, Kenali Dulu Sebelum Mencoba

4. Pisang

Buah yang bisa menurunkan darah tinggi selanjutnya adalah pisang. Pisang adalah salah satu buah penurun darah tinggi yang bisa Anda konsumsi.

Kandungan kalium di dalam pisang membantu menyeimbangkan jumlah garam dalam tubuh, sehingga mampu mengontrol tekanan darah. 

5. Delima

Buah yang bisa menurunkan darah tinggi terakhir adalah delima. Mengonsumsi jus buah delima lebih dari satu cangkir sehari selama empat minggu dapat menurunkan tekanan darah.

Para peneliti menduga bahwa kandungan kalium dan polifenol dalam buah inilah yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. 

Itulah beberapa buah yang bisa menurunkan darah tinggi dan bisa Anda konsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News