Bugar

4 Tahapan untuk Diet Atkins, Kenali Dulu Sebelum Mencoba

 4 Tahapan untuk Diet Atkins, Kenali Dulu Sebelum Mencoba

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa tahapan untuk diet atkins yang perlu Anda ketahui sebelum mencobanya, agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 

Diet atkins diperkenalkan oleh dokter Robert Atkins pada tahun 1972, yang berupaya mengendalikan asupan karbohidrat, dan mengonsumsi lebih banyak protein serta lemak.

Diet atkins cenderung berbeda dari diet kebanyakan. Menjalani diet Atkins, berarti Anda harus menjalani pola diet dengan asupan tinggi lemak dan protein, tapi rendah karbohidrat. 

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah 4 tahapan untuk diet atkins yang harus Anda lakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal: 

Baca Juga: Wajib Dicoba! Diet Ampuh untuk Golongan Darah O

1. Fase 1 (Induksi)

Fase ini adalah periode ketika tubuh mengganti sumber energi dari karbohidrat menjadi lemak.

Prosesnya disebut dengan ketosis. Selama fase ini, Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi karbohidrat lebih dari 20 gram dalam dua minggu.  

2. Fase 2 (balancing)

Seiring berjalannya fase satu, secara perlahan Anda bisa menambahkan sayuran dalam menu diet Anda. 

Sayuran yang dikonsumsi harus rendah karbohidrat, seperti kacang-kacangan dan sedikit buah-buahan. Anda bisa mengonsumsi makanan itu kurang lebih 15-20 gram per sajian. 

3. Fase 3 (fine-tuning)

Ketika Anda sudah hampir mencapai berat badan yang diinginkan, barulah boleh menambahkan sedikit karbohidrat. Takarannya kurang lebih 10 gram sampai berat tubuhmu turun perlahan.  

Baca Juga: Sebelum Mencoba, Kenali Manfaat Diet Vegan untuk Kesehatan Tubuh

4. Fase 4 (maintenance)

Ketika fase ini, Anda boleh mengonsumsi berbagai karbohidrat sehat, karena tubuh sudah bisa mentolerirnya tanpa kenaikan berat badan. 

Untuk memperoleh energi, tubuh membakar lemak dan karbohidrat. Diet Atkins menganggap, mengurangi karbohidrat akan membuat proses pembakaran lemak lebih efektif. 

Sebab, tubuh kemudian akan mengutamakan pembakaran lemak sebagai sumber energi. Ini yang dapat mendorong penurunan berat badan. 

Diet ini juga dianggap dapat membantu mengurangi risiko penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, sindrom metabolik, dan penyakit jantung. 

Itulah beberapa tahapan untuk diet atkins yang perlu Anda ketahui sebelum mencobanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News