HOME, Santai

Konsumsi Biji Chia Seeds, Rasakan Manfaatnya Buat Kesehatan Tubuh

Konsumsi Biji Chia Seeds, Rasakan Manfaatnya Buat Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Chia seed adalah makanan sehat yang kerap digunakan dan dikonsumsi untuk diet. Chia seed adalah biji-bijian dengan bentuk kecil dan berwarna hitam.  

Bahan makanan ini dikonsumsi sebagai menu diet karena kandungan manfaatnya yang baik tubuh. Selain itu, bahan makanan ini juga merupakan bahan makanan yang mudah diolah dan di konsumsi. 

Di samping itu masih banyak juga fakta dan manfaat chia seed yang perlu diketahui. Berikut ini adalah daftarnya.

Baca Juga: Ternyata Ampas Kopi Dapat Dimanfaatkan Jadi Pupuk Tanaman, Loh!

Sudah dikonsumsi sejak lama

Chia seed diperoleh dari tanaman Chia. Nama chia sendiri diambil dari bahasa Maya yang berarti kekuatan. Chia seed sendiri telah dikonsumsi oleh masyarakat asli Amerika dan Mexico sejak ratusan tahun lalu. Biasanya digunakan dalam campuran roti, bubur, maupun obat-obatan.

Pengganti telur

Melansir dari laman Heatlh Line, chia seed memiliki tekstur yang mudah menyerap air dan membentuk gel. Karena bentuknya tersebut, chia seed sering digunakan sebagai pengganti telur bagi orang-orang yang manganut plant-based diet.

Lemak yang baik 

Chia seed mengandung banyak lemak baik, salah satunya adalah fatty acid omega 3. 75% dari total lemak pada chia seed mengandung omega 3 alpha linoleic acid atau ALA. Sedangkan 20% nya terdiri dari omega 3 fatty acids. 

Baca Juga: Jika Anda Menderita Stroke, Sebaiknya Hindari 5 Makanan Ini

Meminimalisir resiko penyakit kronis

Kandungan omega 3 yang banyak pada chia seed dibutuhkan bagi tubuh dan otak untuk bekerja dengan baik.

Kadar gula yang tinggi dalam tubuh juga dapat diminimalisir dengan rutin mengkonsumsi chia seed. Sehingga sumber makanan ini baik bagi penderita diabetes.

Kaya serat

Kebanyakan orang terbukti kurang mengkonsumsi serat yang cukup. Serat memiliki manfaat yang baik untuk mencegah tubuh terhindar dari penyakit kronis. Melansir dari laman Milk and Honey Nutrition, 1 sendok the chia seeds setara dengan 5gram serat.

Dengan mengonsumsi chia seed secara rutin dapat meningkatkan jumlah serat dalam tubuh. 

Mudah menyerap cairan

Chia seeds memiliki sifat yang mudah menyerap cairan hingga 9 kali dari beratnya. Ketika dilarutkan dalam susu atau air, ia dapat dengan mudah menyerap air dan membentuk gelatin.

Karena sifatnya yang mudah menyatu dengan cairan membuatnya memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan membantu menstabilkan tekanan darah dan gula dalam tubuh.

Selanjutnya: The Raincoat Killer, Serial Dokumenter Predator Korea Siap Tayang di Netflix

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News