HOME, Bugar

Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini untuk Menyuburkan Kandungan dan Mempermudah Kehamilan

Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini untuk Menyuburkan Kandungan dan Mempermudah Kehamilan

MOMSMONEY.ID - Menurut beberapa studi, terdapat beberapa asupan nutrisi dan vitamin yang dapat meningkatkan kesuburan. Makanan penyubur kandungan ini disarankan untuk mereka yang memiliki masalah kesuburan atau cenderung susah hamil.  

Berdasarkan sebuah penelitian tentang diet dan kesuburan dari Harvard Medical School, selain usia dan genetika, makanan tertentu dapat membantu mempercepat kehamilan, termasuk buah penyubur kandungan

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesuburan dilansir dari Pregnant School dan Mayo Clinic, antara lain.

Baca Juga: Selain untuk Kontrasepsi, Ini 5 Manfaat Lain dari Pil KB

1. Semangka 

Menurut ahli gizi Alisa Vitti, buah terbaik untuk memberi tubuh pasokan yang kaya manfaat untuk sel telur adalah semangka.

Buah ini kaya air, yang juga bisa memberikan suplai glutathione. Ini adalah jenis antioksidan penting yang sangat penting bagi kualitas sel telur.  Perlu diketahui, semangka juga bisa membantu tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari.

2. Protein hewani dan nabati

Protein hewani dan nabati diduga dapat meningkatkan kesuburan. Untuk protein hewani kamu bisa mencoba daging yang kaya protein dan zat besi.

Sementara itu, asupan protein nabati bisa didapatkan dari kacang polong atau kacang tanah. Hal yang perlu diingat, sebaiknya jangan daging merah secara berlebihan untuk mencukupi kebutuhan protein harian.

3. Alpukat

Menurut jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, alpukat memiliki keunikan di antara buah-buahan dan sayuran lainnya karena mengandung jauh lebih banyak nutrisi kunci folat dan kalium, yang biasanya kurang dikonsumsi dalam diet ibu. 

Selain itu, alpukat juga memenuhi kebutuhan lemak tunggal tak jenuh, jenis lemak baik yang diperlukan tubuh terutama sistem reproduksi. Mengolahnya pun mudah, misalnya dibuat menjadi jus, isian sandwich, salad, atau olesan selai.

Baca Juga: 5 Manfaat Kopi Sekaligus Risikonya Bagi Kesehatan

4. Ikan

Ikan adalah salah satu makanan penyubur kandungan yang bisa kamu coba. Kandungan asam lemak omega-3 di dalam ikan diduga dapat mengoptimalkan kinerja organ reproduksi.

Asam lemak omega-3 ini banyak terkandung pada ikan salmon, sarden, atau tuna. 

5. Makanan yang mengandung Zinc

Makanan penyubur kandungan lainnya yang tak boleh dilupakan adalah makanan yang banyak mengandung zinc. Zat yang satu ini dapat meningkatkan produksi sel telur yang berkualitas dan melancarkan siklus haid.

Anda bisa mendapatkan asupan zinc dari tiram, biji-bijian utuh, ayam, daging sapi, telur, hingga produk susu. 

Sebagai pantangannya, Anda disarankan menjauhi makanan-makanan mentah, produk susu sapi yang belum melewati proses pasteurisasi, dan kafein. Boleh, tapi sebaiknya mengetahui takaran yang aman.

Dalam penelitian sebenarnya belum ada pembuktian tentang makanan apa yang bisa secara signifikan meningkatkan kesuburan seorang perempuan dan membuat lebih kamu cepat hamil.

Selanjutnya: Jika Sedang Program Hamil, Sebaiknya Anda Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News