Jika Sedang Program Hamil, Sebaiknya Anda Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini

Reporter: Helvana Yulian
Minggu, 26 September 2021 | 11:20 WIB
Jika Sedang Program Hamil, Sebaiknya Anda Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini

MOMSMONEY.ID - Kehadiran buah hati merupakan keinginan semua pasangan yang sudah menikah. Salah satu saran yang kerap dianjurkan agar cepat hamil adalah menjalani gaya hidup sehat, termasuk dengan mengonsumsi makanan sehat untuk program hamil. 

Bagi pasangan yang sedang menjalankan program hamil, banyak hal yang perlu diperhatikan. Dilansir dari National Institute of Health, selama kehamilan nantinya membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral seperti asam folat, zat besi, dan kalsium.  

Berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk mendukung program hamil yang sedang dilakukan. 

Baca Juga: Luar Biasa, Inilah 5 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

1. Madu

Salah satu kandungan di dalam madu kesuburan yang berpotensi sebagai penyubur kandungan adalah asam amino. Asam amino, khususnya arginina, dipercaya dapat membantu meningkatkan fungsi ovarium, serta bermanfaat untuk meningkatkan sistem reproduksi.  

2. Tomat

Tomat menjadi sayuran yang wajib dikonsumsi saat menjalani program hamil. Tomat mengandung likopen, yang mampu meningkatkan kualitas sperma. Ternyata, infertilitas pria memengaruhi hingga setengah dari pasangan yang sulit mendapatkan keturunan. 

Selain itu, tomat juga kaya akan vitamin dan mineral alami, seperti vitamin A dan C. Tomat mengandung asam folat, zat besi, dan zinc yang mana berguna untuk mendukung kesuburan Moms. 

3. Terong

Terong dipercaya mampu meningkatkan hasrat seksual pada pria dan perempuan karena kaya kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan. Terong membantu menghilangkan frigiditas dan impotensi pada pria. 

Selain itu, terong meningkatkan kinerja seksual pada pria dan perempuan karena atribut positifnya pada pusat hasrat seksual di otak. 

4. Telur

Telur mengandung tinggi protein, vitamin B6, dan mineral serta asam amino, seperti kolin yang meningkatkan kualitas folikel, yaitu tempat tumbuhnya sel telur. Vitamin ini dapat meningkatkan kesuburan agar cepat hamil karena hubungannya dengan kadar homosistein di dalam tubuh. 

Berdasarkan penelitian dalam Nutrition Journal, menyatakan bahwa homosistein adalah asam amino yang terdapat pada aliran darah Anda. Kadar homosistein yang tinggi di dalam folikel juga dapat memengaruhi ovulasi. Sementara itu, vitamin B6 dapat membantu menurunkan kadar homosistein di dalam darah. 

5. Alpukat

Alpukat mengandung folat, vitamin K, dan tinggi kalium. Folat diperlukan untuk perkembangan otak dan tulang belakang janin. Sementara vitamin K dan kalium membantu tubuh menyerap nutrisi lain secara efektif, menjaga keseimbangan hormon, dan mengatur tekanan darah.  

Ada pula kandungan vitamin E yang berguna untuk menstabilkan dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. 

Baca Juga: Kenali Risiko Bahaya Kehamilan di Bawah Usia 20 Tahun

Jika Anda sedang dalam program hamil, ada baiknya mengonsumsi beberapa makanan tersebut untuk membantu melancarkan program kehamilan yang sedang Anda lakukan bersama pasangan. Semoga bermanfaat. 

Selanjutnya: Ketahui 5 Manfaat Jagung yang Baik Dikonsumsi untuk Ibu Hamil

Editor: Helvana Yulian
Terbaru