HOME, Bugar

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Memperlancar Menstruasi

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Memperlancar Menstruasi

MOMSMONEY.ID - Menstruasi kerap menjadi masalah yang mengganggu sebagian besar perempuan. Pasalnya, tidak semua perempuan menjalani menstruasi secara normal, seperti periode yang lancar dan tanpa masalah yang berarti seperti kram perut hingga mual dan muntah. 

Bahkan, beberapa perempuan mengaku, menstruasi kerap menjadi momok, karena rasa sakitnya yang dapat mengganggu aktivitas. Siklus menstruasi atau haid yang tidak lancar bisa menandakan banyak hal, seperti gangguan hormon hingga kesuburan. 

Untuk mengatasinya, Anda perlu berkonsultasi ke dokter serta mulai mengonsumsi makanan yang melancarkan haid. Ada beberapa makanan sehat yang bisa membantu melancarkan menstruasi, berikut penjelasannya. 

Baca Juga: Kenali 10 Gejala Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) Sejak Awal pada Perempuan

1. Kacang almond

Kacang almond dan kenari menjadi camilan yang pas jika kamu ingin mendapatkan menstruasi lancar tanpa adanya gejala yang menyiksa setelahnya.

Laman Women's Health mengungkapkan, kedua jenis kacang ini kaya serat dan protein yang baik untuk melancarkan menstruasi dan meningkatkan kesuburan. 

2. Sayuran hijau

Perempuan yang sedang merencanakan kehamilan, biasanya akan diresepkan atau disarankan untuk mengonsumsi vitamin B. Sebab, selain bisa membantu meredakan gejala PMS, vitamin ini juga dipercaya bisa melancarkan haid.

Selain dari suplemen, vitamin B juga bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan asparagus.

3. Kacang kedelai

Salah satu penyebab Anda mengalami haid tidak lancar adalah perubahan serta terjadinya ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Anda juga dapat mengonsumsi kacang kedelai untuk membantu agar haid cepat keluar dan lancar.

Kedelai mempunyai kandungan yang kaya protein, vitamin, mineral, serta fitoestrogen berupa isoflavon. Kandungan isoflavon inilah yang dapat memengaruhi kadar estrogen.

Baca Juga: Cegah Kanker Payudara dengan Mengetahui Penyebabnya

4. Buah Nanas

Nanas menjadi buah dengan kandungan bromelain enzim yang dipercaya memengaruhi estrogen dan hormon lainnya. Studi yang diterbitkan dalam Journal of the Pakistan Medical Association menunjukkan bahwa bromelain membantu mengurangi peradangan.

Ini artinya, nanas membantu memerangi penyebab terlambatnya menstruasi karena peradangan atau inflamasi. 

5. Ikan salmon

Lemak sehat seperti asam lemak tak jenuh ganda yang didapatkan dari salmon, dinilai dapat mendukung keseimbangan produksi hormon dan membantu melancarkan proses pembuahan atau ovulasi. Sl

Selain salmon, sumber lemak sehat lainnya antara lain flaxseed (biji rami), minyak sayur, dan kacang walnut.A gar cepat haid dan sirkulasinya lancar, Anda disarankan mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Tapi sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kondisi tubuh Anda.

Selanjutnya: Penyebab Darah Haid Menggumpal yang Harus Diketahui Perempuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News