HOME, Keluarga

Konsumsi 4 Superfood Ini agar Kulit Tetap Cerah dan Tampak Awet Muda

Konsumsi 4 Superfood Ini agar Kulit Tetap Cerah dan Tampak Awet Muda

MOMSMONEY.ID - Seiring bertambahnya usia, kulit mulai kehilangan kemampuannya untuk melawan molekul oksigen yang tidak stabil atau biasa dikenal sebagai radikal bebas. Ketika kerusakan demi kerusakan terakumulasi, itu akan memicu kerutan, hilangnya elastisitas, serta tekstur dan warna kulit yang tidak merata.

Kendati banyak dari penuaan intrinsik semacam itu yang tidak dapat dihindari, namun faktor ekstrinsik seperti paparan sinar matahari serta diet memainkan peran besar dalam menentukan seberapa cepat dan agresif proses penuaan berlangsung.

Berbicara tentang diet, seorang ahli kulit dan ahli gizi bersertifikat bernama Nicholas Perricone mengungkapkan, bahwa mengubah pola makan dengan mengonsumsi makanan yang rendah gula, kaya akan asam lemak esensial dan antioksidan, serta memiliki sifat anti-inflamasi dapat secara efektif mengurangi kemunculan tanda-tanda penuaan sekaligus meningkatkan kecerahan kulit.

Lalu, apa sajakah makanan yang termasuk dalam kategori tersebut? Melansir laman AARP, berikut beberapa di antaranya yang termasuk superfood dan bagus untuk membuat kulit tampak awet muda.

Baca Juga: Ini Dua Cara Menanam Benih Tanaman yang Mudah Dilakukan untuk Pemula

1. Salmon liar

Termasuk sumber protein yang mudah diserap, protein dalam ikan salmon dapat dipecah menjadi asam amino yang menyediakan blok bangunan untuk semua perbaikan sel. Tak hanya tinggi protein, ikan salmon juga sarat dengan asam lemak esensial yang mengencangkan kulit, mengandung antioksidan astaxanthin yang kuat, serta memiliki sifat anti-inflamasi. Berkat kandungan-kandungan tersebut, ikan salmon mampu menetralkan radikal bebas pemicu peradangan dan penuaan pada kulit.

Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi 2-3 porsi per minggu ikan salmon (sebaiknya yang liar) atau sebanyak 3-4 ons per porsi guna mendapatkan hasil terbaik.

2. Blueberry

Blueberry mengandung antioksidan penangkal kerutan bernama anthocyanin (bagian flavonoid) yang diyakini oleh para peneliti dapat membantu menekan pertumbuhan sel tumor, mengatur gula darah, serta mencegah glikasi penyebab kolagen dan serat elastis pada kulit menjadi kaku sekaligus kehilangan kekuatannya.

Adapun kandungan vitamin C yang tinggi dalam blueberry dapat membantu meningkatkan cahaya pada kulit dan membantu sintesis kolagen. Selain itu, fitokimia dalam blueberry juga dipercayai oleh para peneliti mampu memengaruhi mikrobioma usus secara positif yang mana usus memainkan peran kunci dalam menjaga kesehatan kulit kita.

3. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, kale, arugula, dan bok choy sarat dengan serat detoksifikasi dan fitonutrien anti-inflamasi. Tak hanya mampu membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, antioksidan lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam sayuran berdaun hijau juga dapat membantu menjaga mata tetap cerah dan jernih sekaligus mencegah degenerasi makula serta katarak.

Menurut sebuah studi di Food Chemistry tahun 2019, makan bayam mentah yang dicincang mampu memberikan jumlah lutein yang lebih tinggi daripada bayam yang dimasak. Jadi, alih-alih dimasak, alangkah baiknya Anda mengolah sayuran berdaun hijau yang sudah dipotong-potong menjadi salad segar atau potong-potonglah lalu blender menjadi jus guna melepaskan lutein dari dalam daun dengan cara yang terbaik.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan seperti kenari dan almond mengandung vitamin E tingkat tinggi yang bermanfaat untuk membantu menjaga kulit supaya tetap kenyal dan terhidrasi. Kandungan vitamin E dalam kacang-kacangan juga menawarkan perlindungan bagi kulit dari sinar UV. Sebagai sumber potassium yang baik, kacang-kacangan bahkan dapat membantu mengurangi kembung pada wajah yang disebabkan oleh kelebihan natrium.

Selain kacang-kacangan, kelompok biji-bijian seperti biji rami juga memiliki kandungan yang luar biasa bagi kulit. Dalam biji rami, terdapat asam alfa linoleat yang dapat melembutkan kulit serta mengurangi peradangan sistemik yang pada gilirannya akan membantu melindungi otak dan jantung.

Nah, itu dia 4 superfood yang bagus untuk membuat kulit tampak awet muda. Setelah mengetahui apa saja jenis dan manfaatnya, yuk konsumsi dengan lebih rutin!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News