HOME, Bugar

Kolesterol Rawan Kambuh Saat Berpuasa, Kenali Tandanya

Kolesterol Rawan Kambuh Saat Berpuasa, Kenali Tandanya

MOMSMONEY.ID - Saat berpuasa selama bulan Ramadan, kolesterol tinggi bisa saja kambuh. Kolesterol tinggi adalah kondisi yang muncul akibat kadar “kolesterol jahat” di dalam darah melebihi batas normal.

Meski tidak memiliki gejala khusus, kadar kolesterol tinggi bisa memicu gejala fisik, seperti sering sakit kepala, mudah lelah, hingga sesak napas.

Kondisi ini tidak boleh dianggap sepele, karena bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan, seperti serangan jantung dan stroke.

Kolesterol dalam darah sebenarnya diproduksi oleh organ hati, dan dibutuhkan untuk memproduksi sel-sel sehat dan sejumlah hormon. 

Banyak tanda yang muncul kerap diabaikan begitu saja. Hal itu yang menyebabkan seseorang sering terlambat menyadari dirinya mengalami kolesterol tinggi.

Risiko munculnya komplikasi menjadi lebih besar. Namun, ada beberapa tanda fisik yang dipercaya menjadi tanda kadar kolesterol sudah terlalu tinggi dan harus diwaspadai.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Mencegah Kolesterol Tinggi Saat Bulan Puasa

 Dilansir dari Health Focus, inilah beberapa tanda kolesterol kambuh saat berpuasa yang perlu Anda kenali, antara lain: 

1. Kebas pada kaki dan tangan 

Tanda kolesterol kambuh saat berpuasa yang perlu Anda kenali pertama adalah terasa kebas pada kaki dan tangan. 

Kebas atau kesemutan pada kaki dan tangan juga harus diwaspadai. Hal ini bisa menjadi tanda kadar kolesterol sudah terlalu tinggi.

Gejala ini bisa muncul karena ada gangguan pada pembuluh darah akibat kolesterol tinggi. Alhasil, peredaran darah tidak lancar dan tubuh kurang mendapatkan asupan oksigen. 

2. Muncul benjolan di sendi 

Tanda kolesterol kambuh saat berpuasa yang perlu Anda kenali kedua adalah munculnya benjolan di sendi. Benjolan yang muncul terbentuk karena ada penumpukan kadar kolesterol dalam jangka waktu yang lama. 

3. Sakit kepala dan nyeri bahu 

Tanda kolesterol kambuh saat berpuasa yang perlu Anda kenali ketiga adalah sakit kepala dan nyeri pada bahu. 

Peningkatan kadar kolesterol bisa menyebabkan tersumbatnya arteri dan mengganggu peredaran darah. Hal inilah yang menjadi pemicu munculnya sakit kepala dan nyeri pada tengkuk. 

Baca Juga: Hindari Mengonsumsi 5 Makanan Ini Saat Berbuka Puasa

Untuk menghindari beberpa tanda kolesterol kambuh saat berpuasa, Anda bisa melakukan beberapa pencegahan. 

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan kalau tak mau kadar kolesterol kambuh saat berpuasa, antara lain: 

1. Sahur dan buka puasa dengan pola makan rendah kolesterol dan rendah gula.

2. Minum obat penurun kolesterol (misalnya statin) pada malam hari.

3. Perbanyak konsumsi makanan yang bisa membantu mengendalikan kadar kolesterol ketika sahur dan buka puasa, misalnya oatmeal dan ikan salmon.

4. Tetap rutin berolahraga saat puasa.

5. Menjaga porsi makan saat sahur dan buka puasa.

6. Bila Anda kelebihan berat badan atau obesitas, cobalah untuk mengendalikan berat badan saat puasa.

Itulah beberapa tanda kolesterol kambuh saat berpuasa yang perlu Anda kenali dan juga beberapa cara pencegahan yang bisa Anda lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News