Santai

Kode Telegram Tidak Muncul? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kode Telegram Tidak Muncul? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Ketika pertama kali mendaftar Telegram, Anda akan menerima kode verifikasi di nomor atau e-mail yang Anda gunakan untuk mendaftar akun. Akan tetapi, sebagian pengguna mengalami kode Telegram tidak muncul.

Kode verifikasi Telegram adalah cara untuk memastikan nomor yang valid digunakan untuk mendaftar. Jika mengalami kode Telegram tidak muncul, Anda tidak perlu panik. 

Ketahui penyebab dan cara mengatasi kode Telegram tidak muncul di artikel ini. 

Saat mendaftar ke Telegram, Anda harus menambahkan nomor telepon yang valid untuk menautkannya dengan akun Telegram Anda. 

Baca Juga: 11 Fitur Baru iPhone Tahun 2023, Makin Praktis dan Canggih

Telegram tidak mengizinkan pengguna untuk menggunakan nomor virtual. Jadi, itu harus memverifikasi nomor yang Anda tambahkan melalui kode.

Namun, ketika lupa kata sandi Telegram dan ingin meresetnya, Anda harus menambahkan kode yang dikirim ke ponsel Anda untuk menyelesaikan prosesnya.

Terakhir, saat Anda masuk ke akun Telegram di perangkat baru, salah satu cara verifikasi adalah melalui kode yang dikirim ke nomor yang ditautkan ke akun Telegram.

chat Telegram

Lalu, bagaimana jika kode Telegram tidak muncul dan Anda tidak menerima kode tersebut? Berikut penyebabnya:

Penyebab kode Telegram tidak muncul

1. Kesalahan jaringan kartu SIM

Saat Telegram ingin mengirim kode, ia menggunakan SMS untuk mengirimkannya ke ponsel Anda. Oleh karena itu, kartu SIM Anda diperlukan agar prosesnya berhasil.

Sayangnya, Anda mungkin mengalami kasus di mana kartu SIM Anda mengalami kesalahan dengan jaringannya. 

Ketika itu terjadi, itu tidak akan menerima SMS dari Telegram, menyebabkannya tampak seperti masalah dengan Telegram, namun bukan itu masalahnya. 

Baca Juga: Intip Cara Melacak Panggilan WhatsApp Seseorang, Ini Tipsnya

2. Nomor salah 

Saat mendaftar, Anda harus memasukkan nomor telepon yang benar untuk menerima SMS. Namun, jika Anda memasukkan nomor yang salah, Telegram akan mengirimkan kode ke nomor yang ditambahkan, dan Anda tidak akan menerimanya di nomor telepon target.

Sekali lagi, Anda tidak akan menerima kode jika Kartu SIM untuk nomor yang Anda tambahkan dimatikan atau tidak dimasukkan ke ponsel Anda.

3. Kesalahan teknis

Terkadang, Anda mungkin gagal mendapatkan kode karena ada masalah dengan server Telegram. Bisa jadi banyak request yang dikirim secara bersamaan sehingga menyebabkan server delay.

Namun, jika ponsel Anda mengalami kesalahan, itu dapat memengaruhi penerimaan SMS dan menyebabkan kegagalan Telegram untuk mengirimkan kode kepada Anda. 

Cara mengatasi kode Telegram tidak muncul 

1. Perbaiki sinyal kartu SIM

Kartu SIM Anda tidak akan menerima SMS ketika Anda tidak memiliki sinyal yang stabil. Jadi, pertimbangkan untuk pindah ke lokasi dengan kekuatan sinyal yang lebih baik atau mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat .

2. Periksa nomor

Periksa ulang nomor yang Anda tambahkan di Telegram untuk memastikannya valid. Sekali lagi, pastikan Kartu SIM yang dimasukkan ke ponsel Anda adalah yang Anda tambahkan ke Telegram.

Baca Juga: 3 Cara Mematikan Download Otomatis WhatsApp, Hentikan Unduh Gambar Langsung ke Galeri

3. Nyalakan ulang ponsel Anda

Memulai ulang ponsel Anda adalah salah satu cara memperbaiki gangguan teknis yang dapat menghambat penerimaan SMS di ponsel Anda.

Itulah penyebab dan cara mengatasi kode Telegram tidak muncul. Jika Anda tidak menerima kode verifikasi dari Telegram, Anda bisa melakukan hal di atas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News