Santai

11 Fitur Baru iPhone Tahun 2023, Makin Praktis dan Canggih

11 Fitur Baru iPhone Tahun 2023, Makin Praktis dan Canggih

MOMSMONEY.ID - Apple semakin memberikan banyak fitur baru iPhone di tahun 2023. Fitur baru iPhone tahun 2023 juga semakin praktis dan canggih.

Pada bulan Januari 2023, Apple merilis iOS 16.3 dan menambahkan sejumlah pembaruan kecil namun signifikan ke perangkat lunak iPhone iOS 16, termasuk kunci keamanan untuk iCloud dan opsi wallpaper baru.

Februari, Apple memasukkan beberapa perbaikan bug dan pembaruan keamanan juga. Kemudian, di iOS 16.4 Apple juga menambahkan emoji baru. 

Jika dirangkum, terdapat 11 fitur baru iPhone tahun 2023 yang bisa dinikmati oleh pengguna iPhone. 

Baca Juga: Simak Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Hilang karena HP Dicuri

Mengutip Cnet.com, berikut 11 fitur baru iPhone tahun 2023 

1. Edit pesan 

Pertama, di iOS 16 Anda dapat mengedit pesan terkirim. Jadi jika Anda melihat kesalahan ketik setelah pesan, Anda dapat mengedit pesan.

Tulisan "diedit" akan muncul di status yang ada di bawah pesan tersebut. Kemudian, Anda dapat langsung mengingat pesan yang dikirim. 

Jika Anda secara tidak sengaja mengirim pesan yang belum selesai, Anda dapat menggunakan alat Batalkan Kirim untuk mencegahnya terbaca dan semoga terlihat tidak terlalu kacau di mata teman dan keluarga Anda.

Terakhir, Anda dapat menandai pesan dan utas sebagai belum dibaca. Ini bisa menjadi alat yang sangat baik ketika Anda tidak punya waktu untuk menanggapi pesan saat ini, tetapi ingin memastikan Anda kembali lagi nanti.

2. Layar kunci yang dapat disesuaikan

Preview iOS 16

Salah satu hal yang paling sering Anda lihat di iPhone adalah layar kunci, terutama jika Anda memiliki iPhone yang dilengkapi Face ID.

iOS 16 menghadirkan pembaruan paling  substansial ke layar kunci iPhone. Setiap gaya mengubah filter warna untuk foto latar belakang dan font pada layar kunci sehingga semuanya saling melengkapi. 

Anda juga dapat menyesuaikan font untuk waktu dan tanggal, dan menambahkan widget layar kunci seperti suhu, cincin aktivitas, dan kalender. 

Anda bahkan dapat mengatur beberapa layar kunci yang disesuaikan dengan widget yang berbeda dan dengan mudah menggesek untuk beralih di antaranya. Ada juga opsi pengocokan foto yang secara otomatis mengubah gambar di layar kunci Anda.

Baca Juga: 10 Fitur Telegram yang Unik dan Canggih, Bisa Jadwalkan Pesan Dikirim

3. Pemberitahuan dan aktivitas langsung 

Terkadang notifikasi dapat menutupi foto layar kunci Anda, sehingga iOS 16 memindahkan notifikasi ke bagian bawah layar Anda. 

Saat Anda menerimanya, alih-alih dikompilasi ke dalam daftar, mereka tampak seperti korsel vertikal. Ini tidak hanya terlihat lebih baik tetapi juga akan sangat membantu untuk penggunaan iPhone Anda dengan satu tangan.

4. Lewati CAPTCHA

Dengan iOS 16, Apple berencana untuk mulai mengganti interaksi canggung ini dengan Token Akses Pribadi.

Menurut video di situs web Apple yang mendemonstrasikan Token Akses Pribadi, situs web yang mendukung token tersebut pada dasarnya akan masuk dan mengautentikasi bahwa Anda memang manusia tanpa harus memainkan game CAPTCHA biasa. 

5. Wallet dan Apple Paylater

Di iOS 16 Anda juga dapat melindungi identitas dan usia Anda. Jadi, alih-alih menampilkan tanggal lahir persis Anda, aplikasi Wallet akan menampilkan ID Anda dan Anda berusia di atas 21 tahun.

Baca Juga: Kenapa Video Story Instagram Tidak Bisa Diputar? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

iOS 16 mempermudah berbagi kunci dengan aplikasi seperti Mail dan Pesan. Saat teman Anda menerima kunci, mereka dapat menambahkannya ke aplikasi Wallet di iPhone mereka.

Apple Pay akan mendukung jenis pembayaran baru dan menambahkan fitur baru yang disebut Apple Pay Later. 

6. Visual Look Up

Di iOS 15, Visual Look Up menganalisis foto Anda dan dapat mengidentifikasi objek seperti tumbuhan, bangunan terkenal, dan hewan peliharaan.

iOS 16 membawa ini ke level berikutnya. Saat Anda menyentuh subjek foto seperti anjing pada gambar di atas, Anda dapat mengangkatnya dari latar belakang dan menambahkannya ke aplikasi seperti Pesan.

7. SharePlay 

Anda dapat menonton acara TV, mendengarkan musik secara sinkron, dan hal lainnya. iOS 16 menambahkan kemampuan untuk menemukan lebih banyak aplikasi yang mendukung SharePlay dari dalam FaceTime.

Apple mengatakan bahwa ini adalah salah satu permintaan terbesar dari pengembang aplikasi. Sekarang saat Anda ingin berbagi film di Disney Plus, Anda dapat memulai SharePlay bersama teman sambil mengobrol di Pesan.

Baca Juga: 3 Langkah Download Lagu dari Instagram Tanpa Aplikasi Paling Mudah

8. Safety Check

Safety Check  adalah fitur baru yang dimaksudkan untuk membantu orang-orang dalam hubungan yang penuh kekerasan

Ini memungkinkan Anda meninjau dan mengatur ulang siapa yang memiliki akses ke informasi lokasi serta kata sandi, pesan, dan aplikasi lain di iPhone.

9. Pembaruan mode fokus dan filter fokus 

Mode fokus mendapat beberapa pembaruan. Apple menambahkan filter Fokus khusus yang menerapkan mode Fokus iPhone Anda di dalam aplikasi. Misalnya, di Safari, Anda dapat membatasi tab apa yang ditampilkan tergantung pada mode Fokus apa yang Anda aktifkan.

10. Apple Maps 

Peta mendapat beberapa pembaruan. Anda akan dapat merencanakan perjalanan hingga 15 perhentian berbeda di sepanjang jalan.

Jika Anda mulai merencanakan perjalanan dengan app Peta di Mac, Anda dapat membagikannya ke iPhone.

Mirip dengan yang diumumkan Google untuk Google Wallet di Android 13, Anda akan dapat melihat perkiraan tarif transit serta menambahkan lebih banyak uang ke kartu tarif dari dalam Apple Maps.

Baca Juga: Ingin Kirim Foto Sekali Lihat di Telegram? Yuk Simak Tips dan Caranya

11. Fitur iCould

iCloud mendapatkan beberapa fitur baru. Salah satu yang lebih menarik adalah opsi untuk menyiapkan perangkat baru dengan cepat untuk anak Anda. 

Saat Mulai Cepat muncul, Anda memiliki opsi untuk memilih pengguna untuk perangkat baru dan menggunakan semua kontrol orang tua yang telah Anda pilih dan konfigurasikan sebelumnya.

Ada daftar periksa keluarga baru dengan tips untuk memperbarui pengaturan untuk anak Anda seiring bertambahnya usia, seperti pengingat untuk memeriksa pengaturan berbagi lokasi atau berbagi langganan iCloud Plus Anda.

Nah itulah 11 fitur baru iPhone tahun 2023. Beberapa fitur tersebut sudah bisa Anda nikmati. Namun, beberapa lainnya masih perlu menunggu pembaruan selanjutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News