AturUang

Klaim Asuransi Indra Bekti Ditolak, Penyebabnya & Cara Menghindari Gagal Klaim

Klaim Asuransi Indra Bekti Ditolak, Penyebabnya & Cara Menghindari Gagal Klaim

MOMSMONEY.ID -Host Indra Bekti diberitakan tengah mengalami kesulitan ekonomi untuk biaya pengobatannya. Setelah ditelusuri salah satu penyebabnya adalah klaim asuransinya ditolak. Apa saja penyebab klaim asuransi ditolak dan bagaimana tips menghindari gagal klaim asuransi? 

Melansir Kompas, penyebab klaim asuransi Indra Bekti ditolak adalah karena masa tunggu. Jadi Indra Bekti baru mengikuti asuransi kesehatan sekitar 6-7 bulan. Sedangkan untuk penyakit kritis seperti pecah pembuluh darah, perlu ada masa tunggu satu tahun untuk dicover oleh asuransi. 

Baca Juga: Cara Daftar Prakerja 2023, Jadwal Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 48

Lalu apa saja penyebab klaim asuransi ditolak? Simak beberapa alasan di bawah ini. 

Penyebab klaim asuransi ditolak, salah satunya ada masa tunggu seperti yang dialami Indra Bekti

1. Klaim tidak memenuhi ketentuan polis

Dalam hal ini Anda perlu memperhatikan polis asuransi. Pastikan wilayah cakupan klaim asuransi. Salah satu contoh, jika klaim asuransi hanya bisa di Indonesia maka tidak bisa Anda gunakan untuk pengobatan di luar negeri. 

2. Klaim rawat inap dan rawat jalan

Lagi-lagi, perhatikan ketentuan polis asuransi Anda jika tak mau gagal klaim asuransi. Salah satunya adalah ketentuan mengenai rawat inap dan rawat jalan. Apabila pada polis hanya tertulis rawat inap, Anda tak bisa ajukan klaim untuk rawat jalan. 

3. Kondisi lapse tidak bisa klaim asuransi

Melansir Kompas, dalam kondisi lapse tidak ada pertanggungan sehingga klaim akan ditolak. Kondisi lapse adalah kondisi di mana adanya penghentian penanggungan asuransi karena tidak dibayarnya premi dan biaya-biaya polis yang sudah jatuh tempo. 

4. Klaim belum melewati masa tunggu

Seperti pada kasus klaim asuransi Indra Bekti yang ditolak, lantaran Indra Bekti belum melewati masa tunggu. Kasus ini terjadi pada asuransi kesehatan. 

Masa tunggu adalah periode yang wajib dilalui oleh pemegang polis sebeum dapat mengajukan klaim asuransi. Hal ini diterapkan untuk memantau dan menilai tingkat risiko calon nasabah. 

Namun jika sudah melewati masa tunggu dan tetap mengalami cacat total, maka klaim asuransi dapat diajukan kembali. 

5. Klaim kesehatan estetika

Asuransi kesehatan yang digunakan untuk estetika bukan tindakan medis akan ditolak. 

Selain alasan-alasan di atas, klaim asuransi bisa ditolak jika Anda tidak melakukan kelengkapan dokumen dan memiliki kondisi cedera yang sudah terjadi sebelum memiliki polis asuransi. Klaim juga bisa ditolak jika Anda tak menyatakan sejujur-jujurnya kondisi kesehatan Anda pada saat mengisi pernyataan kesehatan. 

Baca Juga: Sinopsis Christmas Carol, Film Thriller Korea Baru Jin Young GOT7

Nah demikian informasi mengenai penyabab klaim asuransi ditolak. Cara untuk menghindari gagal klaim asuransi di atas adalah menghindari kondisi-kondisi tersebut. 

Cara untuk menghindari gagal klaim asuransi antara lain, membaca polis dengan cermat, melakukan pembayaran premi tepat waktu dan membuat pernyataan kesehatan dengan jujur untuk asuransi kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News