Khasiat Daun Ketapang Sebagai Obat Alami untuk Ikan Hias

Sumber: Aquariadise
Rabu, 20 Oktober 2021 | 13:21 WIB
Khasiat Daun Ketapang Sebagai Obat Alami untuk Ikan Hias

ILUSTRASI. Khasiat Daun Ketapang Sebagai Obat Alami untuk Ikan Hias

MOMSMONEY.ID - Dalam memelihara ikan hias, perawatan yang terbaik perlu dilakukan karena ikan merupakan hewan peliharaan yang cukup rentan. Selain memberikan makanan, menjaga habitatnya tetap baik juga perlu dilakukan.

Nah, tipsnya, Anda dapat menggunakan daun ketapang untuk kesehatan ikan. Terminalia catappa atau biasa disebut tumbuhan ketapang adalah tanaman populer yang biasa digunakan untuk mengobati ikan cupang.

Selain cupang, ikan hias lainnya juga bisa memanfaatkan ketapang untuk menjaga kesehatan, seperti ikan manfish, barb, platy, diskus, neon tetra dan lain-lain.

Baca Juga: Perhatikan Kondisi Air saat Pelihara Ikan di Akuarium

Ketapang berupa pohon yang memiliki ciri khas daun lebar dan bertajuk. Daun ketapang sangat mudah gugur dalam jumlah banyak, tetapi tetap masih bermanfaat.

Pohon ketapang biasanya diambil bagian ranting dan daunnya untuk dimanfaatkan. Daun ketapang mengandung flavonoid berupa kaempferol, quercetin, tannins, saphonins, dan phystosterols.

Dilansir dari Aquariadise.com, daun pohon ini dikenal karena kemampuannya untuk bertindak sebagai obat alami dan kondisioner air akuarium untuk tangki ikan cupang dan udang. Daun ini juga diklaim mampu memerangi jamur dan masalah bakteri yang menyebabkan sirip ikan membusuk.

Penggunaan daun ketapang juga menjadi alternatif yang baik untuk menurunkan pH air daripada menggunakan bahan kimia yang dapat mengakibatkan kelebihan atau kekurangan dosis. Hal ini mampu mencegah stres pada ikan yang baru datang karena ketidakstabilan pH air. Beberapa pengguna daun ketapang juga mengatakan daun ketapang bermanfaat untuk mencerahkan warna pada ikan.

Baca Juga: Mengenal Ikan Hias Channa, Kerabat Ikan Gabus yang Sedang Naik Daun

Proses penggunaan daun ketapang dimulai dari mengeringkan daun. Setelah daun kering, daun diletakkan di dalam air hingga membusuk. Daun yang membusuk akan mengubah warna air menjadi kucing atau coklat dengan melepaskan tanin.

Tanin ini secara bertahap akan menurunkan pH air dan memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Tanin memiliki kemampuan untuk mengendapkan enzim penting dari bakteri dan jamur. Ini memungkinkan akan meningkatkan kemampuan ikan untuk melawan infeksi.  

Sementara itu, warna kecokelatan air sebenarnya bukan hal yang bermasalah untuk ikan karena meniru habitat alami banyak spesies ikan. Kondisi air yang mirip dengan habitat alami ikan, akan membantu merangsang perkembangbiakan ikan.

Masih ada manfaat lagi, bagi benih ikan dan bayi udang, daun ketapang merupakan sumber makanan awal karena mereka suka memakan bahan daun yang membusuk. Daun ketapang juga berpotensi menjadi makanan darurat bagi ikan atau udang, jika sumber makanan lain langka.

Kendati demikian, daun ketapang ini tidak direkomendasikan bagi Anda yang memiliki kondisi air kolam atau akuarium yang memiliki pH yang terlalu rendah, terutama bagi ikan hias yang membutuhkan air dengan kondisi pH tinggi.  

Selanjutnya: Ikan Hias Akuarium Ini Ternyata Bisa Berumur Panjang, Loh!

 

 

 

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru