HOME, Santai

Ketahui Waktu Yang Tepat Untuk Makan

Ketahui Waktu Yang Tepat Untuk Makan

MOMSMONEY.ID - Makan adalah aktivitas wajib bagi manusia dimana kegiatan tersebut akan selalu dilakukan setiap hari. Sarapan, makan siang, bahkan makan malam pastinya menjadi hal rutin yang ada pada jadwal harian Anda.

Memiliki waktu yang tepat untuk mengkonsumsi makanan dapat membawa keuntungan bagi tubuh. Hal ini dikarenakan energi yang digunakan oleh tubuh untuk memproses makanan dapat bergantung dan berjalan lebih baik jika mengkonsumsi makanan di waktu yang tepat

Maka dari itu, penting untuk mengetahui waktu yang tepat untuk makan. Agar makanan dapat tercerna lebih baik oleh tubuh.

Baca Juga: Selain Makanan, Kebiasaan Ini Bisa Rusak Kesehatan Ginjal

Sarapan

Sarapan yang ideal sebaiknya dilakukan pada pukul 7 pagi hingga 9 pagi. Setelah semalaman tubuh tidak memperoleh nutrisi, maka saat pagi sarapan harus dilakukan sebelum memulai kegiatan.

Melansir dari halaman Times of India, beri jeda 30-60 menit setelah Anda bangun untuk makan sarapan Anda. Pastikan ada protein dalam menu sarapan Anda dan jangan menunda jam makan pagi Anda hingga pukul 10 pagi.

Makan siang

Waktu yang ideal untuk memakan makan siang Anda adalah pada pukul 12.30 hingga 14.00. Beri jeda kurang lebih 4 jam untuk mendapatkan makan siang setelah sarapan Anda. 

Baca Juga: Penderita penyakit liver perlu tahu 5 makanan ini

Makanlah makan siang Anda sebelum pukul 16.00. Anda juga bisa menambahkan selingan snack pada sela waktu sarapan dan makan siang. Tentu saja konsumsi makanan yang bernutrisi dan penuh vitamin ya.

Makan malam

Memakan makan malam Anda paling ideal adalah pada pukul 18.00 hingga 21.00. Jangan mengkonsumsi makan malam Anda lebih dari pukul 22.00. 

Penting untuk diingat bahwa beri jeda makan malam 3 hingga 4 jam sebelum jam tidur Anda. Makan dengan waktu yang dekat dengan jam tidur dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Menambahkan menu selingan atau snack pada jeda makan siang dan makan malam dapat Anda lakukan juga.

Selanjutnya: Yuk Kenali Penyebab Childhood Trauma

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News