HOME, Santai

Selain Makanan, Kebiasaan Ini Bisa Rusak Kesehatan Ginjal

Selain Makanan, Kebiasaan Ini Bisa Rusak Kesehatan Ginjal

MOMSMONEY.ID - Menjaga kesehatan ginjal bukanlah hal yang mudah dilakukan. Dengan banyaknya kebiasaan buruk yang dilakukan dan menjadi rutinitas dapat membuat kesehatan ginjal Anda terancam.

Bukan hanya dari segi makanan saja, beberapa kebiasaan buruk lainnya dari luar tubuh juga dapat membuat kesehatan ginjal meburuk. 

Berikut ini beberapa hal dan kebiasaan yang dapat merusak kesehatan ginjal selain dari segi makanan.

Baca Juga: Penderita penyakit liver perlu tahu 5 makanan ini

Menahan kencing

Sering menahan kecing merupakan kebiasaan yang buruk dan mengancam kesehatan ginjal. Menahan kencing dapat membuat saraf-saraf di sekitar kandung kemih mengirim sinyal ke otak untuk kencing. Namun otak menolak dengan menahan kencing tersebut. Penyakit seperti batu ginjal dapat terjadi ketika Anda sering menahan kencing. 

Dehidrasi

Kurangnya asupan air yang masuk ke dalam tubuh juga dapat mengancam kesehatan ginjal Anda. Hal ini terjadi karena sisa makanan dan racun yang ada pada tubuh tidak dapat terbuang dengan baik. 

Melansir dari laman Webmd, Anda dapat menandai jika Anda mengkonsumsi banyak air atau tidak dengan melihat urin Anda. Jika Anda mengkonsumsi banyak air, maka air kencing Anda akan berwarna kuning terang. Jika tidak maka konsumsilah banyak air untuk membantu kerja ginjal membuang racun tubuh.

Terlalu sering duduk

Terlalu sering duduk dalam waktu yang lama juga dapat mengancam kesehatan ginjal Anda. Melansir dari laman National Kidney Foundation, kesehatan ginjal dapat meningkat jika adanya aktifitas fisik. 

Aktivitas fisik dapat meningkatkan laju peredaran darah dan meningkatkan laju metabolisme. Yang ternyata hal tersebut sangat berguna bagi kesehatan ginjal. Maka dari itu, kebiasaan terlalu sering duduk dapat membuat ginjal Anda memburuk.

Selanjutnya: Kenali Bentuk Bentuk Gaslighting Dalam Hubungan Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News