HOME, Bugar

Ketahui Perbedaan Kulit Sensitif dan Kulit Alergi di Sini

Ketahui Perbedaan Kulit Sensitif dan Kulit Alergi di Sini

MOMSMONEY.ID - Moms, mungkin Anda mengira kulit sensitif dan alergi itu sama. Jika dilihat memang tampak mirip, namun tetap ada perbedaannya. Mungkin perbedaan yang cukup terlihat ada pada perubahan kondisi kulit.

Jika kulit sensitif biasanya akan mengalami iritasi pada bagian tertentu, sedangkan kulit alergi terjadi perubahan kondisi kulit di berbagai area tubuh. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan tentang perbedaan kulit sensitif dan kulit alergi dilansir dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu: 

  • Kulit Sensitif

Kulit sensitif adalah kondisi kulit yang rentan mengalami iritasi. Kulit sensitif memiliki reaksi terhadap suatu zat yang terpapar pada kulit secara berlebihan atau efek samping normal yang dihasilkan oleh zat tertentu.

Contohnya yaitu produk skincare mengandung alpha arbutin untuk mencerahkan wajah memiliki dosis di atas 3%, hal ini akan membuat kulit Anda mengalami iritasi. Kondisi ini tidak melibatkan respon imun secara langsung yang ditandai dengan perubahan kondisi kulit seperti alergi.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak dan Sensitif di Sini

Selain itu, mengganti produk skincare terlalu sering juga bisa menjadi penyebab kulit mengalami iritasi. Bahan kimia aktif yang berulang kali diaplikasikan pada kulit akan membuat lemah daya tahan lapisan terluar permukaan kulit dan menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit. Biasanya kondisi kulit akan mengalami perubahan seperti gatal, kemerahan, dan rasa terbakar.

Untuk mengatasi kulit sensitif, Anda harus memilih produk kecantikan yang lembut, ada bahan anti iritasi dan diformulasikan khusus untuk kulit sensitif. Hindari menggunakan produk berbahan pengawet seperti paraben dan parfum. Kemudian, hindari juga terpapar kondisi cuaca yang terlalu ekstrem seperti udara terlalu panas dan dingin karena akan memperburuk kesehatan kulit. 

  • Kulit Alergi

Perubahan kondisi kulit muncul di berbagai area tubuh selain bagian tubuh yang menggunakan suatu produk, itu artinya Anda memiliki alergi pada kandungan tersebut. Selain produk berbahan za kimia tertentu, kulit alergi juga disebabkan terpapar debu atau juga makanan yang dikonsumsi.

Oleh karena itu, jika Anda sering mengalami alergi,  Anda harus mencari tahu penyebab alergi Anda dan berhenti menggunakan produk yang mengandung alergen tersebut. Anda bisa melakukan patch test untuk mengetahui alergi yang dialami.

Selanjutnya: Kenali 4 Ciri-Ciri Kulit Sensitif yang Harus Anda Ketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News