ads

Kenali 4 Ciri-Ciri Kulit Sensitif yang Harus Anda Ketahui

Reporter: Rizka Noveliana
Rabu, 10 November 2021 | 17:46 WIB
Kenali 4 Ciri-Ciri Kulit Sensitif yang Harus Anda Ketahui

ILUSTRASI. Kenali 4 Ciri-Ciri Kulit Sensitif yang Harus Anda Tahu


MOMSMONEY.ID - Perlunya untuk mengenal jenis kulit wajah yang dimiliki, supaya Anda dapat merawat dan menjaga kesehatan kulit dengan baik. Oleh karena  itu, Anda harus mengenal ciri-ciri kulit sensitif seperti apa. Ciri-ciri kulit sensitif cukup mudah dikenali, berikut ciri-ciri kulit sensitif yang harus Anda tahu dilansir dari lifebuoy.co.id, yaitu: 

1. Ruam Kemerahan

Ciri-ciri kulit sensitif pertama adalah ruam kemerahan pada wajah. Ruam kemerahan biasanya muncul ketika kulit wajah bersentuhan dengan kosmetik yang tidak cocok atau terpapar lingkungan yang terlalu panas ataupun dingin.

Solusinya, Anda perlu menghentikan penggunaan kosmetik tersebut. Sebelum berpindah ke kosmetik yang lain, biarkan kulit wajah Anda selama seminggu tanpa produk kosmetik apa pun untuk mencegah terjadinya iritasi.

Untuk mendapatkan perawatan yang lebih optimal, berkonsultasilah kepada rekan terdekat atau dokter spesialis kulit untuk mendapat rekomendasi terbaik.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Ikan Hias Channa dari Keistimewaan Hingga Cara Merawatnya

2. Mudah Terkena Alergi

Selanjutnya, ciri-ciri kulit sensitif adalah mudah terkena alergi. Hal tersebut dikarenakan permukaannya lebih tipis daripada kulit yang lain. Permukaan yang tipis inilah yang menyebabkan kulit sensitif juga mudah terkena berbagai penyakit.

Kulit sensitif  sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan. Ketika kondisi lingkungan berubah, kulit sensitif pun ikut berubah. Perubahan kulit tersebut ditandai dengan alergi. Ketika kulit terkena alergi, kulit sensitif akan menjadi kemerah-merahan dan muncul bintik-bintik alergi.

3. Kulit Sering Mengelupas

Kulit sensitif juga ditandai dengan kulit sering mengelupas. Penyebabnya yaitu penggunan skincare yang mengandung exfoliator. Exfoliator yaitu kandungan bahan kimia yang berbentuk scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Bahan ini sering ditemukan pada sabun pencuci wajah yang biasa Anda gunakan yaitu facial scrub. Sebaiknya gunakan facial scrub selama dua kali dalam seminggu. Jika berlebihan, kulit akan mengelupas dan mengalami iritasi.

4. Kulit Terasa Gatal

Ciri-ciri kulit sensitif selanjutnya adalh kulit akan terasa gatal. Kulit sensitif akan lebih peka terhadap bakteri dan kuman. Bakteri dan kuman yang menempel di kulit membuat kulit sensitif menjadi terasa gatal. Kulit yang gatal bisa menjadi salah satu gejala kulit kering yang parah. Solusinya, gunakan produk perawatan yang dapat melembabkan dan menghidrasi kulit.

Selanjutnya: Menghaluskan Kulit, Ketahui 4 Manfaat Masker Jagung untuk Perawatan Wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER