Bugar

Ketahui Makanan Yang Baik Dan Buruk Bagi Kesehatan Paru-Paru

Reporter: Christ Penthatesia
Kamis, 15 Juli 2021 | 13:25 WIB
Ketahui Makanan Yang Baik Dan Buruk Bagi Kesehatan Paru-Paru

MOMSMONEY.ID - Gaya hidup sehat dan diet seimbang merupakan kunci untuk mendapatkan kesehatan bagi tubuh. Terutama untuk merawat kesehatan organ dalam penting dalam tubuh seperti paru-paru. Mengurangi kebiasaan merokok adalah cara yang dapat dijadikan kebiasaan baik untuk membantu merawat kesehatan paru-paru. 

Menjaga kesehatan paru-paru pun juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang memiliki banyak kandungan anti oxidant. Anti oxidant, kandungan pada makanan yang kaya akan nutrisi dan serat dipercaya dapat meningkatkan kerja paru paru beserta kesehatannya. Namun Anda perlu untuk mengetahui dan memilah-milah makanan apa saja yang baik dan buruk bagi paru-paru.

Yuk, mari simak beberapa daftarnya berikut ini.

Baca Juga: Suka Berjemur Saat PPKM? Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Berjemur, Ya

Tomat
Tomat adalah jenis makanan yang baik bagi kesehatan paru karena banyaknya kandungan phytonutrient lycopene. US News menyebutkan bahwa beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan yang membuat tomat berwarna merah cerah tersebut dapat melindungi paru-paru dari resiko terkena kanker paru-paru. 

 

Kopi
Walaupun bukan termasuk dalam kategori makanan, kopi ternyata memiliki efek yang bagus bagi kesehatan paru-paru Anda. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat membantu mengurangi adanya inflammatory pada paru-paru. Laman Healthline menyatakan bahwa konsumsi kopi dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan saluran pernafasan.

Daging
Terlalu banyak mengkonsumsi daging juga tidak baik bagi kesehatan paru-paru. Apalagi daging-daging kaleng yang telah melalui proses panjang sebelum dikonsumsi. Daging yang telah diproses ini dapat menyebabkan inflammatory dan stress bagi paru-paru Anda. Jadi jika ingin memakan daging ada baiknya Anda mengkonsumsi daging segar saja ya, Moms.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Ini Bisa Mengembalikan Indera Penciuman

Garam
Garam yang Anda konsumsi juga perlu dibatasi lho, moms. Konsumsi garam yang terlalu banyak juga dapat mengakibatkan berkurangnya kesehatan paru-paru. Tingkat sodium tinggi yang terkandung pada garam dapat menyebabkan bertambah buruknya gejala asma. Gunakan garam dalam porsi kecil agar kesehatan paru-paru Anda dapat tetap terjaga. Webmd menyarankan agar menggunakan garam dalam takaran 1.500 hingga 2.300 mg dalam satu hari.

Brokoli
Brokoli memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat membantu melawan penuaan sel atau elemen pada paru-paru. Kandungan L-sulforaphane yang ada pada brokoli dapat memproduksi gen anti-inflammatory yang dapat membantu Anda untuk terhindar dari kondisi sistem pernafasan yang buruk.

Selanjutnya: Mengenal Anosmia, Gejala Utama Covid-19

 

 

 

Editor: Christ Penthatesia
Terbaru
momsmoney.id