HOME, Bugar

3 Cara Mudah Ini Bisa Mengembalikan Indera Penciuman

3 Cara Mudah Ini Bisa Mengembalikan Indera Penciuman

MOMSMONEY.ID -  Walau ada beberapa penderitanya yang tidak mengalami gejala ini, Covid-19 sungguh lekat dengan gejala hilangnya penciuman. Kerap disebut dengan anosmia, gejala yang satu ini membuat beberapa penderita Covid-19 merasa cemas. Takut jika hilangnya indera penciuman menjadi hal yang permanen. 

Menurut studi yang diterbitkan oleh Journal of Internal Medicine, kehilangan penciuman menjadi gejala yang dapat ditemui pada penderita Covid-19 dengan gejala ringan. Membutuhkan waktu sekitar 21.6 hari bagi penderita anosmia untuk mengembalikan indera penciumannya.

Bahkan melansir dari laman thehealthsite, 95% penderita Covid-19 baru dapat mengembalikan indera penciuman secara normal setelah dinyatakan bebas dari virus ini.

Baca Juga: Sedang Isolasi Mandiri? Ketahui Kapan Isolasi Mandiri Bisa Berakhir

Jika Anda masih merasakan anosmia karena Covid-19, berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan di rumah untuk mengembalikan indera penciuman secara perlahan.

Latihan Membau
Cara ini dapat dilakukan dengan mudah setiap hari di rumah. Metode ini kerap disarankan dokter untuk membantu mengembalikan penciuman. Anda dapat menggunakan bahan bahan di rumah yang memiliki bau kuat seperti minyak kayu putih, kopi, bunga, atau rempah-rempah. 

Firstpost  juga merekomendasikan untuk mengendus bau yang Anda hirup. 20 detik adalah waktu minimal yang direkomendasikan untuk latihan ini. Dengan mengendus bahan-bahan tersebut selama 20 detik atau lebih Anda dapat membantu otak Anda untuk kembali mengenali bau. 

Ulangi metode tadi secara rutin tiga kali sehari selama enam minggu agar indera penciuman Anda dapat kembali mengenali bau dengan cepat.

Baca Juga: Mitos-Mitos dan Fakta Vaksin yang Perlu Diketahui

Perbanyak Konsumsi Vitamin B12
Kehilangan penciuman adalah tanda tubuh sedang kekurangan vitamin B12. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12 seperti telur, daging, ikan, susu, dan produk hewani lainnya dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B12 dalam tubuh. Jika perlu Anda bisa menambahkan multivitamin B12 dari suplemen untuk Anda konsumsi. 

Irigasi Nasal
Untuk membuat larutan nasal yang Anda butuhkan hanyalah satu sendok teh garam dan satu sendok teh baking soda, serta air bersih. Cara mudah mengaplikasikan cairan ini adalah dengan menggunakan pompa atau botol suntik. Kemudian cukup dengan memasukkan cairan ini pada hidung Anda.

Air garam dipercaya dapat menjadi cara efektif untuk membersihkan hidung dari kotoran dan alergi. Dengan menggunakan rutin setiap hari, maka cairan ini akan dapat membantu mengembalikan indera penciuman Anda yang sempat hilang. 

Selanjutnya: Peregangan Ringan Ini Dapat Dilakukan di Sela-Sela WFH, Yuk Dicoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News