HOME, Bugar

Ketahui 5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil pada Trimester Pertama

Ketahui 5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil pada Trimester Pertama

MOMSMONEY.ID - Ada banyak nutrisi yang dibutuhkan ibu pada kehamilan di trimester pertama untuk membantu perkembangan janin.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memenuhi asupan yang dibutuhkan agar ibu dan janin dapat tumbuh sehat serta lancar hingga menunggu hari persalinan tiba.  

Nah, berikut ini makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil pada trimester pertama, antara lain: 

Baca Juga: Masalah Kehamilan pada Trimester Pertama yang Perlu Anda Ketahui

1. Produk susu

Makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil pada trimester pertama adalah produk susu. 

Menurut penelitian dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), ibu hamil berusia 19 tahun ke atas harus mengonsumsi 1000 miligram kalsium setiap harinya.

Sebagai makanan yang baik untuk ibu hamil yang direkomendasikan, Moms bisa mengonsumsi susu, yogurt, dan keju yang merupakan beberapa produk susu yang termasuk makanan sehat.

2. Lemon atau air kelapa

Makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil pada trimester pertama yang kedua adalah lemon dan air kelapa.

 Lemon dan air kelapa bisa menjadi pilihan bagi bumil yang sering mengalami mual di trimester pertama kehamilan. Menariknya lagi, air kelapa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

3. Bayam dan sayuran hijau lainnya

Makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil pada trimester pertama adalah bayam dan sayuran hijau lainnya. 

Menurut World's Healthiest Foods, bayam memiliki konsentrasi vitamin K, vitamin A, mangan, asam folat, magnesium, dan zat besi yang sangat tinggi.

Sebab, sayuran hijau mengandung vitamin dan nutrisi yang baik, rendah kalori, dan lemak. Konsumsi sayuran membantu pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. 

Baca Juga: Kenali Tanda-Tanda Keguguran yang Terjadi pada Trimester Pertama

4. Buah segar

Makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil pada trimester pertama yang selanjutnya adalah buah segar. Hal ini juga menjadi salah satu makanan sehat untuk ibu hamil muda pada trimester pertama kehamilan.

Ketika hamil muda Anda cenderung sulit makan makanan berat. Untuk itu, mengonsumsi buah segar dapat menjadi pilihan yang tepat. Buah secara alami rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol.

Buah mengandung vitamin B, asam folat, dan serat makanan. Buah-buahan sebaiknya dikonsumsi secara langsung dibandingkan diolah sebagai jus buah.

5. Telur

Makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil pada trimester pertama yang terakhir adalah telur. Makanan sehat untuk ibu hamil juga termasuk telur, yang bisa dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan.

Pada beberapa ibu hamil, konsumsi telur dapat membantu mereka mengatasi mual. Telur yang dimasak dengan matang, baik untuk ibu hamil karena protein, kolin dan vitamin B12.

Inilah 5 makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil pada trimester pertama yang perlu Anda ketahui dan rutin dikonsumsi untuk mendapatkan manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News