HOME, Bugar

Masalah Kehamilan pada Trimester Pertama yang Perlu Anda Ketahui

Masalah Kehamilan pada Trimester Pertama yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Trimester pertama alias masa-masa awal kehamilan bisa membuat calon ibu terkejut, terutama bagi yang baru pertama kali hamil.

Pasalnya, perubahan yang terjadi di dalam tubuh, baik dari bentuk fisik hingga kondisi hormon bisa memicu muncul masalah selama masa kehamilan.

Meski tidak selalu buruk, ada sejumlah masalah trimester pertama kehamilan yang perlu diketahui. Pada trimester awal kehamilan, ada beberapa masalah yang mungkin akan dialami ibu.

Baca Juga: Ingin Cepat Hamil? Segera Lakukan 5 Hal Ini Setelah Menikah

Perlu untuk mengetahui masalah yang muncul serta penyebabnya. Dilansir dari Mayo Clinic dah Women Health, berikut ini masalah kehamilan pada trimester pertama yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Sembelit

Masalah kehamilan pada trimester pertama  yang sering terjadi adalah sembelit. Ibu hamil biasanya akan mengalami sembelit alias susah BAB di trimester pertama kehamilan.

Mengutip dari American Pregnancy, sembelit atau konstipasi pada ibu hamil disebabkan oleh perubahan hormon dan tekanan dari rahim yang menekan usus.

Jika sembelit tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan berkembangnya wasir alias ambeien, yaitu bengkaknya pembuluh darah di sekitar anus.

Ambeien adalah satu lagi keluhan yang paling sering dialami para ibu hamil. 

2. Sering pusing 

Masalah kehamilan pada trimester pertama yang selanjutnya adalah sering pusing. Selain mudah lelah, ibu hamil mungkin juga akan lebih sering merasa pusing.

Hal ini karena pembuluh-pembuluh darah yang melebar dan menurunnya tekanan darah. Selain itu, mudah pusing pada ibu hamil juga bisa disebabkan oleh gula darah yang menurun.

Penurunan kadar gula darah bisa terjadi karena proses adaptasi metabolisme tubuh yang berubah karena kehamilan.

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini Jika Ingin Memiliki Bayi Perempuan

3. Kaki sering kram

Masalah kehamilan pada trimester pertama yang ketiga adalah kaki sering kram. Hal ini sering menjadi keluhan ibu hamil selama trimester kedua, baik hamil anak laki-laki atau perempuan.

Kram disebabkan oleh beban tambahan yang dibawa ibu saat kehamilan yang membuat otot menjadi tegang.

Mengutip dari Pregnancy Birth Baby, untuk mencegah masalah kram pada ibu hamil, ibu hamil bisa melakukan olahraga ringan, seperti jalan santai atau berenang.

Ini untuk membantu aliran darah di kaki dan bisa mencegah kram.

4. Perubahan suasana hati

Masalah kehamilan pada trimester pertama yang terakhir adalah perubahan suasana hati. Ibu hamil sangat mungkin mengalami gangguan suasana hati atau perasaan yang kacau.

Lagi-lagi, hal ini bisa terjadi akibat perubahan hormon kehamilan. Selain itu, gangguan pada suasana hati juga bisa disebabkan oleh rasa lelah, dan pikiran-pikiran negatif atau rasa cemas terkait kehamilan atau setelah persalinan kelak. 

Itulah beberapa masalah kehamilan pada trimester pertama yang sering terjadi dan perlu Anda ketahui agar bisa lebih berhati-hati dan mengantisipasi dengan menjaga pola makan dan juga olahraga secara teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News