HOME, Bugar

Ketahui 5 Kesalahan Perawatan Wajah & Tubuh Pria yang Sering Terjadi

Ketahui 5 Kesalahan Perawatan Wajah & Tubuh Pria yang Sering Terjadi

MOMSMONEY.ID - Perawatan wajah dan tubuh pria tidak terlalu banyak dibandingkan dengan wanita. Terkadang hal tersebut yang membuat pria tidak terlalu memperhatikan perawatan tubuh. Padahal, pria dan wanita sama-sama penting untuk merawat tubuh agar tetap rapi, bersih dan selalu terlihat menarik.

Agar tidak salah dalam merawat tubuh, Anda perlu mengetahui kesalahan yang dilakukan pria saat merawat tubuh. Melansir dari id.oriflame.com, ada lima kesalahan perawatan wajah dan tubuh yang dilakukan pria, yaitu: 

1. Memakai Produk yang Tidak Tepat

Kesalahan perawatan wajah dan tubuh pria pertama adalah memakai produk yang tidak tepat. Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, begitu pula dengan produk skincare yang dikhususkan untuk jenis kulit tertentu.

Anda perlu mengenal jenis kulit yang dimiliki, sehingga Anda mudah menentukan produk yang memang sesuai dengan jenis kulit. Bila salah memilih produk, Anda malah akan membuat tampilan dan kondisi kulit jadi lebih buruk.

Jadi berikan waktu sebaik mungkin dengan mencari tahu apa kebutuhan rambut, kulit, serta kuku untuk menemukan produk apa yang terbaik bagi Anda.

2. Mengaplikasikan Produk Terlalu Banyak

Kesalahan perawatan tubuh pria selanjutnya adalah mengaplikasikan produk terlalu banyak. Mungkin, banyak pria yang tidak memperhatikan komposisi ini saat menggunakan produk.

Contohnya, mengaplikasikan wax terlalu banyak, malah membuat rambut tampak kotor dan lepek, pemakaian cologne berlebihan malah membuat aroma tubuh terasa tajam menyengat, atau mencabut bulu alis terlalu banyak malah bisa membuat fitur wajah tampak berubah.

Yang terpenting adalah aplikasikan produk secukupnya. Biasakan untuk tidak terburu-buru saat melakukan proses perawatan tubuh. Seiring berjalannya waktu, Anda akan paham komposisi yang pas saat mengaplikasikan produk ke kulit. 

Baca Juga: Promo PegiPegi Mandiri, Diskon Hotel dan Tiket Pesawat Hingga Rp 250.000 ke Bali 

3. Tidak Menggunakan Pelembab

Selanjutnya, tidak menggunakan pelembab juga termasuk kesalahan perawatan tubuh yang dilakukan pria. Pelembab berfungsi untuk melindungi dan merawat tubuh dari kondisi cuaca hingga saat Anda akan bercukur. 

Pemakaian pelembap yang tepat dapat membantu mengatasi kondisi kulit kering serta membantu menjaga keseimbangan kulit berminyak dan kombinasi. Gunakan pelembap segera sehabis mandi saat kulit kondisinya masih lembut dan lembap untuk hasil optimal.

4. Melakukan Cukur Saat Kering

Kesalahan perawatan tubuh pria selanjutnya adalah melakukan cukur saat keadaan kering. Bercukur tanpa menggunakan shaving gel justru akan membuat kulit mudah iritasi, memerah, muncul benjolan kecil serta sumbatan pada bulu yang baru tumbuh.

Selain itu, risiko terkena pisau cukur yang tajam dapat memperburuk keadaan. Hindari risiko luka dan iritasi dengan menggunakan gel pencukur yang memiliki kandungan pelembap dan gantilah pisau cukur secara berkala. Untuk hasil lebih optimal, lakukan proses mencukur saat sehabis mandi di mana kulit masih dalam keadaan lembut dan lembap.

5. Tidak Merapikan Janggut atau Kumis

Kesalahan perawatan tubuh pria lainnya adalah tidak merapikan janggut atau kumis. Sebaiknya, lakukan pemotongan ujung bulu janggut atau kumis dengan rapi secara teratur. Gunakan gunting serta sisir khusus untuk melakukan proses trimming ini.

Gunting dengan panjang yang sama dan pastikan garis tumbuhnya rapi dan tajam. Selain itu, gunting juga bulu yang tumbuh di area telinga dan hidung agar tampilan Anda lebih rapi.

Selanjutnya: Inilah 5 Penyebab Munculnya Sel Kulit Mati di Wajah, Sudah Tahu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News