HOME, Bugar

Inilah 5 Penyebab Munculnya Sel Kulit Mati di Wajah, Sudah Tahu?

Inilah 5 Penyebab Munculnya Sel Kulit Mati di Wajah, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Kulit terlihat kusam dan tidak lembut, mungkin saja kulit Anda mengalami penumpukan sel kulit mati. Munculnya sel kulit mati disebabkan oleh banyak faktor salah satunya Anda melupakan kegiatan eksfoliasi wajah.

Eksfoliasi bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dan menggantikannya dengan sel kulit yang baru. Agar bisa lebih memahami, inilah penyebab munculnya sel kulit mati di wajah yang dilansir dari thebodyshop.co.id, yaitu:

1. Iklim 

Penyebab munculnya sel kulit mati pertama adalah Iklim. Saat kondisi iklim mengalami kering, bersuhu terlalu rendah, kadar kelembapan pada kulit akan semakin menurun. 

Bila Anda tidak mengoleskan pelembap ke kulit sehari-hari, maka akan membuat kulit mengalami kekeringan. Kulit yang kering akan berpengaruh pada proses regenerasi kulit sehingga dapat berujung pada menumpuknya sel kulit mati.

2. Usia

Selanjutnya, usia juga menjadi penyebab munculnya sel kulit mati di wajah. Seiring bertambahnya usia, kemampuan regenerasi kulit akan mengalami penurunan sehingga sel-sel kulit mati akan semakin menumpuk.

Usia yang bertambah, akan membuat kulit semakin sedikit memproduksi minyak. Hal tersebutlah yang menyebabkan kulit menjadi cepat kering dan mengakibatkan menumpuk sel-sel kulit mati.

Baca Juga: Pahami 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Lepek dan Berminyak

3. Membersihkan Wajah Kurang Maksimal

Penyebab munculnya sel kulit mati selajutnya yaitu membersihkan wajah kurang maksmimal. Terjadinya penumpkan sel kulit mati pada wajah berasal dari makeup, kotoran, polusi dan minyak. Hal-hal tersebut tentu tidak bisa dihindari dalam keseharian.

Oleh karena itu, Anda harus membersihkan wajah secara maksimal setiap harinya agar proses regenerasi kulit berjalan dengan lancar. Adanya kotoran-kotoran tersebut dapat membuat proses pergantian kulit menjadi terhambat.

Ada baiknya, Anda melakukan double cleansing saat akan membersihkan wajah. Double cleansing dimulai dari menggunakan produk micellar water dan dilanjutnya dengan face wash. Pilihlah produk cleanser yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. 

4. Melupakan Eksfoliasi

Melupakan kegiatan eksfoliasi juga bisa menyebabkan munculnya sel kulit mati di wajah. Eksfoliasi berfungsi untuk membantu proses regenerasi agar lebih maksimal secara berkala. Bila Anda tidak melakukan eksfoliasi, maka sel-sel kulit mati akan menumpuk. Eksfoliasi sendiri sangat perlu dilakukan, khususnya bila usia semakin bertambah.

5. Tidak Memakai Pelembab

Penyebab munculnya sel kulit mati lainnya adalah tidak memakai pelembab. Penggunaan pelembap membantu kulit Anda melakukan eksfoliasi dengan lebih baik. Perlu dimengerti bahwa saat Anda melakukan eksfoliasi dalam kondisi kulit yang kering bisa membuat proses pergantian sel-sel kulit tidak bekerja optimal.

Hal tersebut menyebabkan kulit akan cenderung mengelupas. Kulit kering juga lebih rentan terhadap penumpukan sel-sel kulit mati. Hal ini disebabkan karena kulit yang kering akan menjebak sel-sel kulit mati untuk di bawahnya untuk beregenerasi dan terdorong.

Selanjutnya: Pahami 5 Jenis Bekas Jerawat yang Mengganggu Penampilan Wajah, Sudah Tahu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News