HOME, Bugar

Ketahui 5 Alasan Puasa Bisa Membuat Seseorang Awet Muda

Ketahui 5 Alasan Puasa Bisa Membuat Seseorang Awet Muda

MOMSMONEY.ID - Puasa dipercaya dapat memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah membuat awet muda, karena puasa dapat meregenerasi kulit.

Berpuasa juga bisa menjadi metode detoks untuk menyingkirkan racun dan zat yang tidak baik dari dalam tubuh.

Tidak dapat dimungkiri jika puasa juga bisa membantu mengurangi masalah pada kulit. Beberapa masalah kulit yang terjadi seperti jerawat, juga bisa diatasi dengan berpuasa.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Berakibat Buruk untuk Kesehatan Ginjal

Dilansir dari Web MD, berikut ini adalah beberapa alasan puasa bisa membuat seseorang awet muda, antara lain: 

1. Menyingkirkan racun

Alasan puasa bisa membuat seseorang awet muda yang pertama adalah bisa membantu menyingkirkan racun. Berpuasa juga bisa menjadi metode detoks.

Hal ini dapat membantu tubuh untuk menyingkirkan racun dan zat yang tidak baik. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih segar dan sehat.

Bahkan, berpuasa juga dapat menurunkan berat badan jika dilakukan dengan benar dan menjaga makanan yang dikonsumsi.

2. Menghasilakn hormon pertumbuhan lebih banyak

Alasan puasa bisa membuat seseorang awet muda yang kedua adalah menghasilakan hormon pertumbuhan lebih banyak. 

Berpuasa secara rutin dapat mendorong tubuh menghasilkan lebih banyak hormon pertumbuhan. Hal ini dapat mencegah proses penuaan, sehingga puasa bisa bikin seseorang awet muda.

Hormon pertumbuhan juga dapat membantu percepatan proses penurunan berat badan yang efektif untuk membakar lemak dengan efektif.

3. Adanya regenerasi kulit

Alasan puasa bisa membuat seseorang awet muda yang ketiga adalah adanya regenerasi kulit. Saat puasa Anda merasakan kulit yang kering dan terlihat kusam karena kekurangan cairan.

Ternyata, hal ini yang mendorong terjadinya proses regenerasi kulit. Berarti, kulit yang kering dan kusam tersebut akan digantikan dengan yang baru.

Dengan begitu, kulit Anda akan terlihat cantik dan bersinar. Hal ini juga diikuti perlambatan proses penuaan yang terjadi pada kulit.

Baca Juga: Luar Biasa! Inilah Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan Kulit

4. Sel kulit lebih sehat

Alasan puasa bisa membuat seseorang awet muda yang keempat adalah sel kulit lebih sehat. Kegiatan ini dapat mengurangi kerusakan sel dan membantu untuk menjaga DNA tetap sehat.

Kedua hal tersebut dapat menunda terjadinya penuaan. Puasa juga baik untuk membantu meningkatkan ketahanan terhadap stres oksidatif yang rentan menimbulkan masalah kesehatan.

5. Usus besar lebih bersih

Alasan puasa bisa membuat seseorang awet muda yang kelima adalah membantu usus besar lebih bersih. 

Organ ini tidak memproses makanan dan minuman dalam waktu yang lama, sehingga lebih bersih. Hal ini menyebabkan kemampuan usus dalam penyerapan nutrisi menjadi lebih maksimal.

Sehingga, segala nutrisi yang menyehatkan kulit bisa diterima dengan maksimal. Tentunya perlu didukung dengan pemilihan makanan yang sehat saat sahur dan berbuka.

Itulah beberapa alasan puasa bisa membuat seseorang awet muda yang perlu Anda ketahui. Maka dari itu, manfaatkan momen tersebut untuk membuat tubuh menjadi tampak lebih muda. 

Jangan ragu lagi dengan segala manfaatnya meskipun proses yang dilalui terbilang tidak mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News