HOME, Bugar

Luar Biasa! Inilah Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan Kulit

Luar Biasa! Inilah Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan Kulit

MOMSMONEY.ID - Manfaat air mawar banyak dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan. Air ini dapat meningkatkan metabolisme dan energi hingga bagus untuk perawatan kulit.  

Melansir Pharmacological Effects of Rosa Damascena air mawar mengandung 10-50% minyak mawar.  

Selain kandungannya yang melimpah, dilansir dari Healthline, berikut ini lima manfaat air mawar untuk kesehatan kulit yang harus Anda ketahui, antara lain:  

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah

1. Menghidrasi kulit wajah

Manfaat air mawar untuk kesehatan kulit yang pertama adalah menghidrasi kulit wajah. Banyak yang beranggapan bahwa toner akan membuat kulit wajah kering. Tentu hal ini salah.  

Menjadikan air mawar sebagai toner dan face spray, akan membantu menyegarkan kulit dan memberikannya hidrasi ringan.  

2. Mencegah munculnya jerawat

Manfaat air mawar untuk kesehatan kulit yang kedua adalah mencegah munculnya jerawat. Antiseptik ini bisa menangani masalah bakteri yang sangat rentan pada kulit berjerawat.  

Gunakan air mawar di pagi hari setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan skincare. Dengan cara yang sama, lakukan juga di malam hari.  

Jika Anda menggunakan secara rutin selama kurang lebih tiga minggu, maka manfaatnya akan cukup baik untuk menangani masalah kulit berjerawat.  

3. Mencegah penuaan dini

Manfaat air mawar untuk kesehatan kulit yang ketiga adalah mencegah penuanaan dini. Formula lain dari air mawar yang bisa diandalkan adalah rose hip seeds. 

Zat ini memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan. Serta mampu meminimalisir munculnya garis halus dan kerutan di wajah dan mencegah terjadinya penuaan dini.  

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa

4. Memberikan efek relaksasi

Manfaat air mawar untuk kesehatan kulit yang keempat adalah bisa memberikan efek relaksasi. Selain menyegarkan, air mawar juga nyatanya memiliki efek rileksasi atau menangkan.  

Karena itu, air mawar cocok sebagai campuran air untuk berendam dengan air hangat. Anda bisa menyampurkan dua gelas ekstrak air mawar untuk merileksasi tubuh.  

5. Memiliki sifat anti penuaan

Air mawar sering ditemukan pada produk kecantikan yang bertujuan untuk mengurangi kerutan. Sebab, air mawar memiliki efek anti-penuaan.  

Selain menenangkan kulit yang teriritasi, air ini juga dapat mengurangi munculnya kerutan.  

Itulah beberapa manfaat air mawar untuk kesehatan kulit yang perlu Anda ketahui dan coba lakukan di rumah untuk mendapatkan manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News